Iklan Header

BUKU ADMINISTRASI GURU KELAS SD KURMER. BAHAN REFERENSI GURU

BUKU ADMINISTRASI GURU KELAS SD KURMER. BAHAN REFERENSI GURU

REFERENSI BUKU ADMINISTRASI GURU KELAS SD KURMER

Guru Dikdas Lamongan - Sambil menunggu Buku Administrasi Guru dari Dinas Pendidikan, berikut ini Buku Administrasi Guru Kelas SD Kurmer yang dapat dijadikan bahan referensi.

Meski Buku Administrasi Guru Kelas SD Kurmer yang Admin Guru Dikdas Lamongan buat sebagai bahan referensi ini bersifat tidak baku sembari menunggu di edarkan.

Namun tak ada salahnya jika Administrasi Guru Kelas bagi pelaksana Kurmer ini Admin bagikan sebagai bahan referensi.

ISI BUKU ADMINISTRASI GURU KELAS SD KURMER REFERENSI GURU DIKDAS LAMONGAN

Perlu Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan sebagai bahan referensi, untuk isi Buku Administrasi Guru Kelas SD Kurmer sebelum Admin bagikan berupa file word, diantaranya yaitu:

1. Cover Buku
Untuk cover buku, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan dapat mengedit nama lembaga dan kelas.

Untuk mencetak agar cover buku tersebut terlihat utuh, maka silahkan ubah ke bentuk PDF terlebih dahulu kemudian lakukan print out pada cover buku tersebut.

2. Identitas Guru/Wali Kelas
Untuk identitas guru/wali kelas, silahkan di edit dan disesuaikan dengan data bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan sekalian khususnya bagi kelas pelaksana Kurmer, .

Pada penanggalan, silahkan di ubah sesuai kondisi di sekolah bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan masing-masing, sedangkan pada lembar identitas yang Admin buat yaitu tanggal 24 Juli 2023, dikarenakan hari atau minggu sebelumnya terdapat MPLS SD yang dilaksanakan selama 1 (satu) minggu.

3. Kata Pengantar dan Daftar Isi
Pada kata pengantar dan daftar isi ini, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan memberikan ucapan pembuka terkait Buku Administrasi Guru Kelas SD Kurmer, sedangkan pada daftar isi dapat menyesuaikan setelah semua yang bapak dan ibu inginkan selesai.

4. Pancasila dan Ikrar Guru
5. Tugas dan Kewajiban Guru (Menyesuaikan)
6. Tata Tertib Kelas (Menyesuaikan)
7. Kalender Pendidikan (Menyesuaikan)
8. Hari Efektif Belajar, Jam Efektif Belajar, dan Struktur Program Kurmer
Silahkan di ubah sesuai kondisi, pastikan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan juga melihat Struktur Kurikulum pada Kurikulum Merdeka atau KOSP pada satuan pendidikan masing-masing.
9. Jadwal Pelajaran
Untuk format jadwal ini, silahkan di sesuaikan dengan kondisi kelas bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan masing-masing sesuai dengan KOSP.
10. Data Siswa dan Orang Tua/Wali Murid
11. Data Umur Siswa
12. Data Umur Siswa Menurut Bulan Lahir
13. Data Pendidikan dan Pekerjaan Orang Tua/Wali
14. Data Jumlah Siswa Menurut Tahun Lahir
15. Data Agama Peserta Didik
16. Struktur Organisasi Kelas
17. Denah Tempat Duduk
18. Pembagian Kelompok Belajar
19. Jadwal Piket Kebersihan
20. Daftar Hadir Peserta Didik
Untuk Daftar Hadir Peserta Didik ini Admin Guru Dikdas Lamongan buat mulai bulan Juli sampai dengan Desember 2023. Bagi bapak dan ibu guru kelas 1 yang melaksanakan MPLS selama 2 (dua) minggu dapat mengedit daftar hadir pada bulan juli 2023.
21. Grafik Ketidakhadiran Peserta Didik
22. Data Mutasi Peserta Didik
23. Data Peserta Didik Berprestasi
24. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Menyesuaikan)
25. Penilaian Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Untuk penilaian ketercapaian tujuan pembelajaran ini Admin buat sekedarnya dan sampai Tengah Semester saja. Bapak dan ibu guru Didkas Lamongan dapat mengubahnya menjadi 1 semester dengan menambah kolom menggunakan format excel dan terdapat tambahan kolom berupa nilai akumulasi formatif dan sumatif sebelum masuk pada raport.

Penilaian ketercapaian ini juga tidak lepas dari isian KOSP yang bapak dan ibu jenjang satuan pendidikan miliki, sebagaimana contoh berikut: 
Asesmen formatif dilaksanakan guru dengan menggunakan berbagai instrument, baik tes tulis, tes lisan, praktik, proyek, portofolio, penugasan. Hasil kegiatan tersebut digunakan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Sedangkan oleh peserta didik digunakan sebagai bahan refleksi.
Assessmen Sumatif dilakukan di akhir tema, bab, unit, lingkup materi. Instrument yang digunakan adalah tes lisan, tes tulis, praktik, dan proyek. Jenis yang digunakan adalah penilaian harian (PH) dan penilaian akhir semester (PAS) atau sumatif akhir semester (SAS). Nilai tersebut digunakan untuk pelaporan hasil belajar (raport).

Bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan dapat menambah lembar penilaian ketercapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan jumlah murid yang ada di kelas bapak dan ibu guru.
26. Data Kecakapan Peserta Didik
27. Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling
28. Data Kegiatan Ekstrakurikuler
29. Data Peserta DIdik yang Naik Tingkat
30. Daftar Penyerahan Rapor
31. Daftar Tamu Kunjungan Kelas
32. Data Berat Badan dan Tinggi Badan
33. Daftar Riwayat Kesehatan
34. Daftar Inventaris Kelas
35. Daftar Buku Pegangan Guru
36. Daftar Buku Pegangan Peserta Didik

Masing-masing lembar yang ada pada Buku Administrasi Guru Kelas SD Kurmer yang nanti akan Admin bagikan berupa file word, dapat bapak ibu Guru Dikdas Lamongan ubah atau tambah sesuai kebutuhan.

SIMAK BUKU ADMINISTRASI GURU KELAS SD KURMER REFERENSI GURU DIKDAS LAMONGAN


UNDUH BUKU ADMINISTRASI GURU KELAS SD KURMER

Silahkan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan unduh file word Buku Administrasi Guru Kelas SD Kurmer pada tautan berikut ini:


Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments