Iklan Header

KISI-KISI SELEKSI AKADEMIK PPG GURU PJOK

KISI-KISI SELEKSI AKADEMIK PPG GURU PJOK

KISI-KISI SELEKSI AKADEMIK PRETEST PPG GURU PJOK

Guru Dikdas Lamongan - Sebagai bahan persiapan, berikut ini referensi Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Guru PJOK.

Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Guru PJOK ini terdiri dari 120 soal yang terbagi-bagi menjadi beberapa soal Capaian Pembelajaran Lulusan Bidang Studi (CPBS) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) untuk dijadikan indikator soal.

Indikator pada setiap soal, memiliki kriteria poin penilaian tersendiri, jadi peserta pretest dapat mempersiapkan diri sesegera dan semaksaimal mungkin sebelum pelaksanaan ujian berlangsung

Pada Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Guru PJOK ini, untuk Capaian Pembelajaran Lulusan Bidang Studi (CPBS) terdapat 10 pokok pembelajaran yang di pelajari oleh calon peserta yang akan melaksanakan pretest ppg.

10 POKOK KISI-KISI CPBS PPG GURU PJOK

Terdapat 10 pokok CPBS yang di pelajari oleh calon peserta dan tentunya CPBS tersebut akan dibagi-bagi lagi menjadi CPMK untuk dijadikan indikator soal seleksi akademik PPG Guru PJOK.

Berikut ini, 10 pokok kisi-kisi CPBS PPG Guru PJOK:
  1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian, dan kemurahhatian.
  2. Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi pada bidang pendidikan jasmani yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel).
  3. Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani yang mencakup: 1) aktivitas gerak dan olahraga melalui: pengembangan kemampuan gerak dasar; aktivitas permainan bola besar dan kecil; aktivitas atletik; aktivitas seni beladiri; aktivitas pengembangan kebugaran jasmani; aktivitas senam lantai; aktivitas gerak berirama (ritmik); aktivitas air/renang; dan pendidikan kesehatan; 2) materi penunjang gerak insani terutama keterampilan gerak manusia/advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) untuk mendukung kehidupan sehari-hari.
  4. Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani yang mencakup: 1) aktivitas gerak dan olahraga melalui: pengembangan kemampuan gerak dasar; aktivitas permainan bola besar dan kecil; aktivitas atletik; aktivitas seni beladiri; aktivitas pengembangan kebugaran jasmani; aktivitas senam lantai; aktivitas gerak berirama (ritmik); aktivitas air/renang; dan pendidikan kesehatan; 2) materi penunjang gerak insani terutama keterampilan gerak manusia/advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) untuk mendukung kehidupan sehari-hari.\
  5. Menguasai teori dan aplikasi materi bidang studi pendidikan jasmani yang mencakup: 1) aktivitas gerak dan olahraga melalui: pengembangan kemampuan gerak dasar; aktivitas permainan bola besar dan kecil; aktivitas atletik; aktivitas seni beladiri; aktivitas pengembangan kebugaran jasmani; aktivitas senam lantai; aktivitas gerak berirama (ritmik); aktivitas air/renang; dan pendidikan kesehatan; 2) materi penunjang gerak insani terutama keterampilan gerak manusia/advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek “apa” (konten), “mengapa” (filosofi), dan “bagaimana” (penerapan) untuk mendukung kehidupan sehari-hari.
  6. Mampu merancang pembelajaran pendidikan jasmani dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan lain yang relevan;
  7. Mampu merancang pembelajaran pendidikan jasmani dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan lain yang relevan;
  8. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik pada bidang pendidikan jasmani dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif, sportif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian;
  9. Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran pendidikan jasmani yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran;
  10. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru pendidikan jasmani yang profesional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru, dan inovasi.

Dari beberapa topik CPBS sebagaimana tersebut diatas, maka calon peserta seleksi akademik PPG khususnya Guru PJOK dapat memiliki gambaran sebagai pengetahuan soal yang akan dipelajari.

SIMAK KISI-KISI SELEKSI AKADEMIK PRETEST PPG GURU PJOK


Semoga bermanfaat dan selamat belajar.
Sumber: ppg.kemdikbud.go.id/news/

Post a Comment

0 Comments