Iklan Header

SERAGAM SEKOLAH DAN PAKAIAN ADAT DIBERLAKUKAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SERAGAM SEKOLAH DAN PAKAIAN ADAT DIBERLAKUKAN TAHUN AJARAN 2023/2024

ATURAN BARU SERAGAM SEKOLAH DAN PAKAIAN ADAT

GuruDikdasLamongan.Id | Ini dia aturan baru dari Kemendikbudristek tentang penggunaan Seragam Sekolah dan Pakaian Adat Diberlakukan Tahun Ajaran 2023/2024.

Jika selama ini seragam sekolah yang dipakai oleh peserta didik identik dengan warna merah putih untuk jenjang SD, biru putih untuk jenjang SMP, abu-abu putih untuk jenjang SMA, serta seragam pramuka dan batik.

Kini peserta didik mempunyai pilihan seragam yang baru, yakni penggunaan baju adat atau pakaian adat dapat dipakai pada hari atau acara adat tertentu yang dapat diatur sesuai kewenangan Pemerintah Daerah setempat.

Aturan baru dari Kemendikbudristek terkait penggunaan Seragam Sekolah dan Pakaian Adat Diberlakukan Tahun Ajaran 2023/2024 ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pengenaan seragam baju adat ini berlaku mulai 7 September 2022 sebagaimana Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tertanggal tersebut ditetapkan di jakarta.

Meski tanggal tersebut (7 September 2022) sudah mulai ditetapkan dan berlaku, mayoritas sekolah-sekolah masih menunggu keputusan dan atau kebijakan dari Pemerintah Daerah setempat.

TUJUAN PENGGUNAAN PAKAIAN ADAT

Sebagaimana poin-poin yang disampaikan dalam Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 yang dapat Admin Guru Dikdas Lamongan rangkum dalam penggunaan pakaian adat, antara lain:
  1. Menanamkan dan menumbuhkan nasionalisme.
  2. Meningkatkan citra satuan pendidikan.
  3. Menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik. 
  4. Meningkatkan kesetaraan antar siswa tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi orang tua atau wali siswa serta meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa.


PENGGUNAAN SERAGAM SEKOLAH DAN PAKAIAN ADAT

Dalam penggunaannya, seragam sekolah dan pakaian adat ini diatur secara berbeda. Untuk seragam sekolah atau pakaian seragam nasional digunakan Peserta Didik paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

Pakaian Seragam Pramuka dan Pakaian Seragam Khas Sekolah digunakan Peserta Didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing Sekolah, sedangkan pakaian adat digunakan Peserta Didik pada hari atau acara adat tertentu.

Jadi, penggunaan pakaian adat ini silahkan menunggu hasil keputusan dan atau kebijakan dari Pemerintah Daerah setempat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 terkait SERAGAM SEKOLAH DAN PAKAIAN ADAT, simak file berikut ini.


Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments