Iklan Header

CARA CEPAT ISI DESA ATAU KELURAHAN PADA DAPODIK 2023.D

CARA CEPAT ISI DESA ATAU KELURAHAN PADA DAPODIK 2023.D

ISI DESA ATAU KELURAHAN PADA DAPODIK VERSI 2023.D FORMULIR PESERTA DIDIK

GuruDikdasLamongan.Id | Pada Aplikasi Dapodik versi 2023.d yang baru rilis, ternyata formulir peserta didik mengalami perubahan proses penginputan.

Tujuan perubahan proses penginputan pada formulir peserta didik di bagian data pribadi yaitu untuk merekam data isian kecamatan hingga level desa atau kelurahan.

Hal tersebut pastinya dapat terlihat ketika Operator Sekolah atau Kepala Sekolah akan melakukan proses sinkronisasi awal. Meski hal tersebut statusnya bersifat warning, tapi rasanya kurang pas apabila warning tersebut tidak segera di perbarui.


CARA CEPAT ISI DESA ATAU KELURAHAN FORMULIR PESERTA DIDIK PADA DAPODIK 2023.D

Berikut ini Admin Guru Dikdas Lamongan akan memberikan Cara Cepat Isi Desa atau Kelurahan pada Dapodik 2023.d yang dapat bapak dan ibu Operator Sekolah ikuti sebagai referensi.

Bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan yang bertugas sebagai Operator Sekolah dapat mempersiapkan Kartu Keluarga (KK) atau absensi siswa dengan cara bertanya kepada Wali Kelas atau Guru Kelas untuk mendapatkan data awal.

Hal tersebut akan memudahkan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan untuk mempersiapkan data yang akan di isikan pada formulir peserta didik di bagian data pribadi dengan tujuan untuk merekam data isian kecamatan hingga level desa atau kelurahan.

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Dapodik versi 2023.d kemudian pilih menu Peserta Didik di sebelah kanan.

Langkah kedua, pilih nama salah satu siswa yang akan dilakukan proses penginputan data isian kecamatan hingga level desa atau kelurahan dengan cara klik Ubah pada tombol di atas.

Langkah ketiga, cari formulir Desa/Kelurahan. Hapus isian kemudian masukkan kata kunci. Pada kata kunci tersebut, Admin Guru Dikdas Lamongan menyarankan untuk menulis Nama Desa dan tunggu sistem melakukan scaning pencarian untuk mempercepat proses isian.

Langkah keempat, jika sudah sesuai klik Simpan, agar perubahan proses penginputan pada formulir peserta didik dapat terekam.

Silahkan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan yang bertugas sebagai Operator Sekolah untuk melakukan proses dari langkah kedua hingga langkah keempat secara berulang.

Cukup mudah bukan Cara Cepat Isi Desa atau Kelurahan pada Dapodik 2023.D yang Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan.

Semoga bermanfaat. Bagikan kepada bapak dan ibu Operator Sekolah yang lain jika informasi yang Admin sampaikan berguna.

Post a Comment

0 Comments