Iklan Header

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID SD/PAKET A JENJANG SD LENGKAP


SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID SD/PAKET A JENJANG SD LENGKAP

Perlu Admin Guru Dikdas Lamongan ingatkan terlebih dahulu kepada bapak dan ibu, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A Jenjang SD Lengkap ini hanya sekedar untuk di jadikan bahan referensi jawaban dan tidak menjadi patokan nilai 100 benar.

Apabila banyak jawaban yang kurang sesuai maka saran Admin, silahkan bapak dan ibu pelajari kembali modul-modul yang ada pada Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A mulai dari materi, pemaparan, dan juga video di tiap-tiap modul.

DISCLAIMER SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD LENGKAP

Perlu diketahui bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A Jenjang SD Lengkap yang Admin bagikan ini merupakan:
  1. Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami soal pada setiap modul pada topik 6 (enam) Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A.
  2. Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri.
  3. Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain.
Soal dan Jawaban Post Test Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A Jenjang SD Lengkap ini juga Admin dapatkan dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan sudah Admin Guru Dikdas Lamongan rangkum menjadi 1 (satu) topik dari 3 (tiga) modul pelatihan meliputi: Modul 1 Memahami Murid, Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi, dan Modul 3 Penguatan Literasi SD.

PEDOMAN MENGERJAKAN POST TEST TOPIK PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID SD/PAKET A

  1. Soal dapat dikerjakan secara acak, namun wajib dijawab semuanya.
  2. Setelah selesai menjawab semua soal, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan penilaian atau rekomendasi.
Silahkan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan melakukan post test dengan menjawab tiap-tiap pertanyaan yang disajikan pada layar beranda secara berurutan.

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PENYESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK MURID SD/PAKET A

Silahkan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan cari dan pilih Soal dan Jawaban Post Test Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A Jenjang SD Lengkap dari masing-masing pertanyaan di tiap-tiap modul yang ada mulai dari Modul 1 Memahami Murid, Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi, dan Modul 3 Penguatan Literasi SD.

Ingat! Soal dan Jawaban Post Test Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A Jenjang SD Lengkap ini hanya sekedar untuk di jadikan bahan referensi jawaban dan tidak menjadi patokan nilai 100 benar.

Modul 1
Memahami Murid

Berikut ini adalah faktor faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali
A. Bakat murid
B. Keterampilan murid
C. Pengetahuan murid
D. Ketertarikan murid

Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?
A Modifikasi proses
B Modifikasi produk akhir
C Modifikasi alur tujuan pembelajaran
D Modifikasi konten

Asesmen Awal Pembelajaran bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan potensi murid. Manakah penggunaan yang paling tepat atas data yang diperoleh dari asesmen awal pembelajaran?
A Sebagai rujukan untuk merancang kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid
B Sebagai bahan diskusi untuk dibicarakan lebih lanjut dengan mitra
C Sebagai bahan pertimbangan untuk keputusan kenaikan kelas
D Sebagai panduan untuk menentukan alur tujuan pembelajaran

Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca dengan cara menunjukkan kartu kata 'IBU', membacakan, lalu mengeja kata pada kartu. dari hasil latihan di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah mengetahui huruf I dan B, tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid, terdapat 6 indikator yang dapat digunakan, yaitu: mengenal bentuk dan melafalkan bunyi huruf, membaca suku kata, sikap membaca, pemahaman, jumlah kosakata, dan kemampuan menulis. Kita telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca awal.
Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Guru Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?
A Harus menggunakan seluruh indikator sebagai panduan utama dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid.
B Fleksibel dan terbuka terhadap adanya kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator.
C Menggunakan buku bacaan otentik sebagai satu-satunya referensi untuk mengukur kemampuan memahami bacaan.
D Fokus pada kemampuan membaca terlebih dahulu, baru pada kemampuan menulis murid. 

Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut. Apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?
A. Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil.
B. Menentukan jarak yang berjauhan antara tiap kelompok agar tidak saling mengganggu
C. Meminta setiap murid mengisi lembar refleksi setelah kegiatan usai
D. Mengurangi jumlah anggota kelompok agar proses membaca menjadi lebih tenang

Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:
1. Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.
2. Menentukan potensi yang sama untuk seluruh murid di kelas.
3. Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
4. Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.
5. Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.
Strategi yang tepat adalah.......
A Nomor 1 dan 3.
B Nomor 2 dan 4.
C Nomor 3 dan 5.
D Nomor 1 dan 5. 

Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi
mengenai kebutuhan murid.
A. Benar
B. Salah

Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan Bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid.Rekan Pak Arif menyarankan, ia untuk belajar menggunakan Bahasa Daerah yang lebih dikuasai murid murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid.
Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran? 1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.
2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.
3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan
5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.
Jawaban yang tepat adalah:
A 1, 2, 3
B 1, 3, 4
C 2, 3, 5
D 2, 4, 5

Modul 2
Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?
A Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendirisendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab
guru lebih besar dari murid.
B Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendirisendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. 
Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.
D Semua salah

Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Bonu adalah
A Mengajak murid untuk m enyepakati target dan tujuan belajar.
B Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar.
C A dan B adalah jawaban salah
D A dan B adalah jawaban benar

Simak langkah-langkah berikut:
1. Murid menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin dia ketahui
2. Murid melakukan refleksi atas kemampuannya
3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian murid
4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat adalah...
A 1-2-3-4
B 1-3-2-4
C 4-3-2-1
D 4-2-3-1

Bagaimana perubahan peran Guru dalam sebuah kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
A Guru adalah sumber belajar utama dan murid mengikuti apa yang telah ditetapkan.
B Guru bukan sumber belajar utama, sehingga murid bisa belajar dari siapa saja dan mana saja.
C Guru menjadi mediator antar murid agar terjadi transfer pengetahuan di kelas.
D Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh selama proses belajar

Modul 3
Penguatan Literasi SD

Mendongeng menggunakan boneka jari dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan guru untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis pada murid.
A Benar.
B Salah. 

Dalam menata lingkungan fisik kaya teks di sekolah, hanya ada dua tempat yang dapat dimanfaatkan guru, yaitu ruang kelas dan perpustakaan.
A Benar
B Salah

Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
A Benar
B Salah 

Dalam video, kita telah belajar mengenai kegiatan "Kotak Huruf" sebagai salah satu strategi penguatan literasi di tingkat SD.
Apa saja alat dan bahan yang perlu dipersiapkan guru sebelum memulai kegiatan "Kotak Huruf" tersebut?
1. Kotak huruf.
2. Buku cerita.
3. Alat perekam suara.
4. Kamera.
5. Alat tulis.
6. Contoh kain jarik.
7. Boneka.
A 3, 4, dan 5.
B 1, 2, dan 6.
C 2, 4, dan 6.
D 2, 6, dan 7

Kecakapan berpikir sangat diperlukan dalam keseharian kita. Tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak. Apa contoh pemanfaatan kecakapan berpikir oleh murid tingkat SD?
A Mampu membaca 50 kata per menit.
B Mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.
C Mampu mengurutkan angka dari yang terkecil hingga terbesar.
D Mampu membedakan informasi yang valid dengan yang hoaks

Selamat mengerjakan, dan apabila ada jawaban yang kurang sesuai dengan yang Admin rangkum dari berbagai sumber, silahkan bapak dan ibu pelajari kembali modul-modul yang ada pada Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SD/Paket A mulai dari materi, pemaparan, dan juga video di tiap-tiap modul.

Post a Comment

0 Comments