gurudikdaslamongan.id | Pada kegiatan Pengembangan Diri Pelatihan Mandiri Topik Profil Pelajar Pancasila Platform Merdeka Mengajar.
Bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan akan mempelajari tentang ke 6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan imlementasinya dalam pembelajaran.
8 MODUL PROFIL PELAJAR PANCASILA
Materi pada modul Profil Pelajar Pancasila tersebut terbagi menjadi 8 (delapan) modul pelatihan, mulai dari: Modul 1 Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila, Modul 2 Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global, Modul 4 Dimensi Bergotong Royong, Modul 5 Dimensi Mandiri, Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis, Modul 7 Dimensi Kreatif, dan Modul 8 Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran.
Setiap modul yang ada, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan akan mengakhiri kegiatan dengan melaksanakan post test.
PEDOMAN MENGERJAKAN POST TEST TOPIK PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SD LENGKAP
- Soal dapat dikerjakan secara acak, namun wajib dijawab semuanya.
- Setelah selesai menjawab semua soal, klik “kumpulkan” untuk mendapatkan penilaian atau rekomendasi.
Silahkan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan melakukan post test dengan menjawab tiap-tiap pertanyaan yang disajikan pada layar beranda secara berurutan.
SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PROFIL PELAJAR PANCASILA JENJANG SD
Berikut ini merupakan Soal dan Jawaban Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD Lengkap yang dapat dijadikan bahan referensi.
Namun sebelum itu, perlu bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan ketahui, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD Lengkap yang Admin bagikan ini merupakan:
- Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami soal pada setiap modul pada topik 7 (tujuh) Profil Pelajar Pancasila.
- Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri.
- Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain.
Soal dan Jawaban Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD Lengkap ini juga Admin dapatkan dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan sudah Admin Guru Dikdas Lamongan rangkum menjadi 1 (satu) topik dari 8 (delapan) modul pelatihan.
Simak Soal dan Jawaban Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD Lengkap yang dapat dijadikan bahan referensi berikut ini:
Modul 1
Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila
Berikut yang bukan landasan dasar dalam merumuskan Profil Pelajar Pancasila adalah...
A Cita-cita pendidikan Ki Hadjar Dewantara
B Cita-cita bangsa dalam Pembukaan UUD RI 1945
C Dokumen kurikulum negara maju yang sudah teruji
D Tujuan Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Berikut yang bukan merupakan urgensi dari dirumuskannya Profil Pelajar Pancasila adalah....
A Untuk kesejahteraan jiwa dan raga
B Pengganti tujuan pendidikan nasional
C Sebagai bintang penuntun pembelajaran
D Untuk menyiapkan warga negara sekaligus warga dunia
Dimensi yang membangun kepedulian murid serta kesadaran bekerja sama dengan orang lain adalah...
A Beriman,bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
B Berkebinekaan global
C Bergotong royong
D Mandiri
Berikut yang bukan dimensi dari Profil Pelajar Indonesia adalah ....
A Bernalar kritis
B Cinta tanah air
C Bergotong Royong
D Berkebinekaan Global
Tantangan dan perubahan zaman yang berkembang dengan pesat menuntut perlunya pendidikan yang menanamkan keseimbangan diri agar murid dapat beradaptasi dan memiliki jati diri yang kuat. Hal ini termasuk dalam urgensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu...
A Sebagai profil lulusan
B Untuk kesejahteraan jiwa dan raga
C Sebagai upaya mencapai cita-cita bangsa
D Sebagai rumusan karakter dan kompetensi abad 21
Modul 2
Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Pak Zamrud adalah guru Sejarah XII. Saat belajar tentang perang Dunia II, ia mengajak murid untuk mempelajari sejarah dari 2 sisi. Pak Zamrud membagi murid ke dalam 2 blok, yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Setiap blok mempelajari sejarah dari sudut pandangnya masing-masing untuk kemudian
disampaikan kepada blok lain.
Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen...
A Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
B Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati.
C Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.
D Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan.
Elemen akhlak kepada alam dintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA.
Pertanyaan di atas adalah...
A Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkup paling relevan dengan alam dan ekosistem
B Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan
C Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar
D Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkup materi alam dan ekosistem
Pada Dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Elemen yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah elemen...
A Akhlak beragama
B Akhlak pribadi
C Akhlak kepada sesama
D Akhlak kepada alam
Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada...
A Dirinya dan sesama manusia
B Dirinya, orang lain, dan alam
C Dirinya, orang lain, hewan, dan tumbuhan
D Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air
Berikut adalah contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas, kecuali...
A Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas
B Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid
C Guru Sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk mengajarkan murid berempati
D Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga
Modul 3
Dimensi Berkebinekaan Global
Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan sosial…
A Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan suaranya.
B Murid diberikan aturan yang dibuat oleh guru dan sekolah.
C Murid dilatih berkompetisi dengan murid lain.
D Murid diajar dengan metode dan strategi pembelajaran yang sama di kelas
Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali...
A Komunikasi dan interaksi antar budaya
B Menghormati keanekaragaman budaya
C Mengenal dan menghargai budaya
D Berkeadilan sosial
Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya.
Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak?
A Bermain permainan daring modern
B Menghafalkan nama produk/hasil budaya yang ada
C Membiasakan penggunaan contoh budaya luar saat mengajar
D Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya tentang asalusul budaya/kebiasaan masyarakat.
1. Berkomunikasi antarbudaya
2. Menghilangkan stereotipe dan prasangka
3. Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif
4. Menyelaraskan perbedaan budaya
Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen dari elemen komunikasi dan interaksi budaya…
A 2 dan 4
B 2 dan 3
C 1 dan 3
D 1 dan 4
Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik.
Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman kebinekaannya?
A Menasehati Satya dan temannya karena membuat kegaduhan Ketika berpendapat.
B Memisahkan Satya dari teman yang dianggap berbeda dan kurang baik.
C Meminta Satya mengalah dan mengikuti pendapat temannya.
D Mengajak Satya merefleksikan pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yg tepat.
Modul 4
Dimensi Bergotong Royong
Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri.
A Benar, karena berhubungan
B Salah, bisa berjalan masing-masing
Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali:
A Elemen kolaborasi
B Elemen kepedulian
C Elemen berbagi
D Elemen kerja sama
Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti...
A Mengenal orang di sekitar
B Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu
C Memberi nasehat pada orang yang membutuhkan
D Mempertimbangkan pendapat orang lain
Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali:
A Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat
B Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan
C Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis
D Mendorong murid memahami reaksi teman sekelompoknya
Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara:
A Membagi kelas ke dalam 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya berkegiatan lain
B Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok
C Menggunakan alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop tiap-tiap murid
D Menggilir penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir
Modul 5
Dimensi Mandiri
Pembuatan target belajar untuk murid dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut, yaitu...
A Murid sendiri yang membuat target belajarnya
B Guru yang menentukan target belajar murid
C Murid yang menentukan target belajar temannya
D Guru tidak perlu memantau target muridnya.
Untuk mendukung proses refleksi murid, berikut adalah halhal yang dapat kita lakukan...
A Memberikan waktu berpikir untuk murid dengan bimbingan penuh dari guru
B Mengajak murid untuk menuliskan rangkuman dari pelajaran yang ia telah lakukan
C Berikan waktu bagi murid untuk bercerita dengan tanpa paksaan.
D Memberikan kepercayaan untuk murid menghafal pelajarannya.
1. Pemahaman diri dan situasi
2. Regulasi emosi
3. Regulasi diri
4. Refleksi diri
Dari daftar di atas, yang merupakan elemen dalam dimensi mandiri adalah...
A 1 dan 2
B 1 dan 3
C 1 dan 4
D 2 dan 4
Berikut adalah salah satu gambaran pelajar mandiri, kecuali..
A "Saya sudah bisa menentukan target belajar sesuai dengan kemampuan saya"
B "Saat ada tantangan, saya lebih memilih mencoba hal lain yang saya bisa lakukan"
C "Ketika saya sudah tahu tujuan belajar saya di minggu ini, maka saya menyesuaikan jadwal bermain dan menonton tv"
D "Saya sulit mengerjakan PR pada malam hari karena mengantuk, jadi saat pulang sekolah saya langsung mengerjakan PR "
Hans tidak berhasil menyelesaikan permainan baloknya, dia menangis karena merasa bangunan baloknya tidak tinggi dan jelek. Pertanyaan apa yang tepat diberikan oleh guru Hans untuk membuatnya kembali percaya diri dalam menentukan targetnya?
A Apakah kamu perlu bantuan? Apa yang kamu perlukan untuk membuat ini jadi tinggi?
B Jika bangunanmu tidak tinggi, mau Bapak bantu?
C Kamu menangis pasti karena kamu sedih. Apa yang kamu butuhkan supaya mainanmu jadi bagus?
D Bagaimana kamu tadi menyusunnya sehingga jadi pendek begini?
Modul 6
Dimensi Bernalar Kritis
Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian dari elemen...
A Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
B Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
C Refleksi pemikiran dan proses berpikir
D Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ...
A Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
B Memverifikasi penelusuran informasi
C Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
D Refleksi pemikiran dan proses berpikir
Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D. Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari.
Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen....
A Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberikan langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri
pemahamannya.
B Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi yang diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin.
C Jawaban a dan b benar
D Tidak ada jawaban yang benar
Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ...
A Pemahaman murid terhadap konsep
B Miskonsepsi
C Jawaban benar dan salah
D Kesulitan yang dihadapi murid
Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali...
A Saling mereviu penampilan teman saat pentas
B Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari
C Memberikan checklist komponen pertunjukan saat menonton pentas tari
D Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari
Modul 7
Dimensi Kreatif
Berikut hal yang bisa guru lakukan untuk melatih keluwesan berpikir murid dalam mencari alternatif solusi permasalahan adalah ...
A Memberikan target belajar
B Memberikan projek individu
C Membimbing projek kelompok
D Memberikan projek kelompok
Berikut adalah salah satu cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas, kecuali ....
A Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai
B Guru Ekonomi meminta murid menghasilkan karya yang memanfaatkan SDA di sekitarnya dan memiliki nilai jual
C Guru Matematika memberi instruksi untuk menemukan beberapa cara dalam menyelesaikan permasalahan matematika
D Guru Bahasa Indonesia meminta murid mengevaluasi teks argumentasi yang dibuatnya dan memikirkan dampak tulisannya terhadap orang lain
Berikut yang bukan termasuk kriteria pelajar Indonesia yang kreatif adalah...
A Mampu memikirkan alternatif solusi
B Mampu mempublikasikan gagasannya
C mampu menghasilkan gagasan dan karya orisinal
D Dapat mengkombinasikan gagasan menjadi sesuatu yang baru
Agar bisa menghasilkan gagasan, murid perlu diberikan...
A Ruang berkreasi
B Kebebasan mengeksplorasi idenya
C Keleluasaan untuk mengembangkan tugas dengan caranya sendiri
D Semua benar
Bu Mega adalah guru bahasa Inggris SMP, untuk assesmen menulis, Bu Mega mengajak murid-muridnya menuliskan tentang rutinitas sehari-hari dalam bentuk yang menarik.
Bu Mega memberikan kebebasan pada murid untuk menghasilkan karya sesuai minat mereka.
Hasilnya muridnya ada yang menulis dalam bentuk komik, musik, cerpen dan karya menarik lainnya.
Praktik yang dilakukan Bu Mega adalah salah satu mengintegrasikan dimensi kreatif dalam pembelajaran, khususnya elemen...
A Elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, karena murid didorong menghasilkan tugas dalam bentuk produk seni
B Elemen keluwesan berfikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan karena murid diberikan beberapa tantangan dan tugasnya
C Jawaban a benar namun alasan kurang tepat
D Jawaban a dan b benar
Modul 8
Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi...
A Kreatif
B Mandiri
C Bernalar kritis
D Berkebinekaan global
Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek.
Praktik yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk dimensi ...
A Dimensi bergotong royong, karena murid mempraktikan konsep gotong royong dalam projeknya
B Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara
C Dimensi kreatif, karena murid belajar menghasilkan gagasan yang orisinal dalam memilih tema projek
D Tidak ada jawaban yang benar
Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah....
A Terintegrasi dalam program dan kegiatanekstrakurikuler
B Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas
C Termuat dalam visi misi sekolah
D Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.
1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek
2. Mata pelajaran yang berkaitan
3. Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid.
4. Fase murid
5. Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah
6. Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat
Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...
A 1,2,3,4,5,6
B 1,2,3,4,6
C 1,3,4,6
D 1,2,3,6
Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah...
A Capaian Pembelajaran
B Profil Pelajar Pancasila
C Alur Tujuan Pembelajaran
D Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Selamat mengerjakan. Ingat! Referensi Soal dan Jawaban Post Test yang Admin sajikan tidak menjadi patokan bahwa seluruh jawaban adalah 100 benar, silahkan bapak dan ibu pelajari kembali Topik Profil Pelajar Pancasila mulai dari materi, pemaparan, dan juga video di tiap-tiap modul.
0 Comments
Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.