Iklan Header

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD LENGKAP

gurudikdaslamongan.id | Berikut ini merupakan Soal dan Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD Lengkap yang dapat dijadikan bahan referensi.

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD LENGKAP

TOPIK KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD

Pada Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD ini, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan akan mempelajari 2 (dua) modul pelatihan.

2 (dua) modul pelatihan pada Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD tersebut terdiri antara lain: Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan, dan Modul 2 Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka.

Simak video pemaparan pada Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan tentang: Apa Itu Kurikulum, Mengapa Kurikulum Perlu Diubah, dan Mengapa Kurikulum Perlu Diadaptasi lalu kemudian ikuti Latihan Pemahaman dan berikan Cerita Reflektif.

Pada Modul 2 Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan juga diminta untuk menyimak video paparan tentang Kurikulum dalam Pembelajaran dan dilanjutkan dengan Latihan Pemahaman serta di akhiri dengan memberikan Cerita Reflektif.

Masing-masing modul pelatihan pada Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD harus bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan kerjakan secara bertahap agar Post Test Topik Merdeka Belajar Jenjang SD dapat terbuka.

Setelah berhasil menyelesaikan 2 (dua) modul pelatihan pada Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD, baru kemudian bapak dan ibu dapat melakukan Post Test dan dilanjutkan dengan aksi nyata sebagai bahan penutup dari kegiatan yang dilaksanakan.

DISCLAIMER SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK MERDEKA BELAJAR JENJANG SD LENGKAP

Perlu bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan ketahui, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD Lengkap yang Admin bagikan ini merupakan:
  1. Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami soal pada setiap modul pada topik 1 (satu).
  2. Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri.
  3. Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain.

SOAL-SOAL DAN JAWABAN POST TEST TEST TOPIK KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD LENGKAP

Silahkan bapak dan ibu mencari dan mencocokkan Soal dan Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD Lengkap dari masing-masing pertanyaan di tiap-tiap modul yang ada.

Modul 1
Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
A. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
B. Perubahan kurikulummerupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
D. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju

Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. 
Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali..
A. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak mruid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.

Hal berikut dapat dilakuakn sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…
A. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada.
B. memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.
C. mengintegrasikan muatak kewirausahaanalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja.
D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah...
A. tidak semua guru memiliki ompetensi yang dibuthkan untuk menjalankan kuriklum dari pemerintah.
B. setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.
C. kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.
D. guru membutuhkan kurikulum yangdapta lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.

Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. 
Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah...
A. meminta murid untuk mengerjakanlatihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
B. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
C. mengajak murid untuk melakukan pengwetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya.
D. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri.
Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.
Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah...
A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum.
B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan.
C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya,
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid.

Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah….
A. Kondisi daerah satuan pendidikan
B. latar belakang ekonomi murid
C. sarana dan prasarana satuan pendidikan
D. semua benar

Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A. Benar
B. Salah

Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali…
A. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada.
B. memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini
C. mengintegrasikan muatan kewirausahaanalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja.
D. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:
  1. berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
  2. memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  3. memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
  4. memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....
A mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada
B memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini
C mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja
D melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Modul 2
Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka

Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah….
A. Meminta murid tersebut untuk kembali belajar di kelas sebelumnya
B. Memberikan pengayaan dan jam tambahan membaca
C. Merancang perangkat ajar yang sesuai dengan kemampuan murid.
D. Memberikan pendampingan pada murid tersebut 

Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
A. Benar 
B. Salah

Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.
Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?
A. Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid untuk belajar secara kontekstual.
B. Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.
C. Tepat, karena sekolah merdeka untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran.
D. Tidak tepat, karena kegiatan tersebut lebih cocok diterapkan pada murid SMA/SMK.

Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah…
A. Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.
B. Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah.
C. Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib. 
D. Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain

Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri (terpisah dari alokasi waktu intrakurikuler).
A. Benar
B. Salah

Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid.
Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Taksonomi Bloom.

Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….
A. Guru mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.
B. Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya.
C. Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
D. Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas.

Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat adalah….
A. Bu Atikah menggunakan nilai ulangan sebagai satu-satunya sumber penilaian untuk murid
B. Pak Jimi melakukan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpisah di kelas.
C. Bu Linda melakukan asesmen awal pembelajaran untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
D. Sekolah menetapkan seluruh guru harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif

Soal dan Jawaban Post Test Topik Kurikulum Merdeka Jenjang SD Lengkap ini juga Admin dapatkan dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan sudah Admin rangkum menjadi 1 (satu) topik dari 2 (dua) modul pelatihan pada Topik Kurikulum Merdeka.

Post a Comment

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.