Iklan Header

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA DEKODING DAN PEMAHAMAN JENJANG SD LENGKAP


Pada Topik ke 13 Pengembangan Diri Pelatihan Mandiri yakni Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman, bapak dan ibu akan mempelajari 4 (empat) modul kegiatan.

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA DEKODING DAN PEMAHAMAN JENJANG SD LENGKAP

Modul-modul pada Topik Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman yang akan bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan pelajari, antara lain: Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka, Modul 2 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding, Modul 3 Keterampilan Membaca Pemahaman, dan Modul 4 Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan.

Pada tiap-tiap akhir modul tersebut, terdapat kegiatan Kerjakan post test untuk mengevaluasi pemahaman modul.

Untuk Modul 1 Literasi Dalam Kurikulum Merdeka terdapat 5 soal, Modul 2 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding 4 soal, Modul 3 Keterampilan Membaca Pemahaman 3 soal, dan Modul 4 Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan 3 soal.

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA DEKODING DAN PEMAHAMAN JENJANG SD

Berikut Soal dan Jawaban Post Test Topik Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman Jenjang SD Lengkap yang sudah Admin rangkum dari berbagai sumber antara lain sinergipapers.com, sinergijatim.com, dan dari unews.id.

Modul 1
Literasi Dalam Kurikulum Merdeka

5 Soal
Berikut merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik di kelas, kecuali…
A Pendidik memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik B Pendidik menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca
C Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit
D Pendidik melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan ajar 

Setelah melakukan asesmen awal pembelajaran, Pak Dani mengelompokkan peserta didiknya menjadi beberapa kelompok kecil yang berisi enam anak. Maka, kegiatan membaca yang tepat untuk Pak Dani terapkan ialah…
A Membaca mandiri
B Membaca terbimbing
C Membaca bersama
D Membaca nyaring 

Berikut merupakan contoh penguatan literasi yang dapat dilakukan oleh pendidik di kelas, kecuali…
A Pendidik memilih bahan ajar yang sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik
B Pendidik menyampaikan materi untuk meningkatkan motivasi dan minat baca
C Pendidik mendorong peserta didik untuk membaca teks yang sulit
D Pendidik melakukan pendampingan pada peserta didik agar dapat memahami teks dalam bahan ajar

Guru memiliki kecakapan literasi mahir apabila, kecuali…
A Mampu mengelola kelas dengan baik
B Paham tentang literasi
C Melaksanakan pembelajaran yang menguatkan kecakapan literasi siswa
D Mengembangkan kecakapan literasi dirinya 

Peserta didik di kelas Bu Ratih memiliki minat baca dan pemahaman akan bacaan yang kurang. Saat diberi tugas membaca, peserta didiknya seringkali terlihat malas-malasan.
Selain itu, ketika Bu Ratih memberi pertanyaan terkait bacaan, peserta didiknya pun tidak bisa menjawab. kegiatan apa yang dapat Bu Ratih terapkan untuk mengatasi masalah ini?
A Membaca mandiri dan membaca terbimbing
B Membaca terbimbing dan membaca bersama
C Membaca terbimbing dan membaca nyaring
D Membaca nyaring dan membaca mandiri

Modul 2
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

4 Soal
Variasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam kelompok enguasaan huruf adalah…
A Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, b, i, k dan m
B Mengenali huruf dari kata-kata yang menantang
C Menghitung jumlah huruf dengan bertepuk tangan
D Mengenali suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna

Dalam kegiatan terdiferensiasi pada kelompok kata, pendidik hanya dapat menggunakan satu jenis kegiatan saja.
Pernyataan di atas adalah…
A Benar
B Salah

Selama kegiatan terdiferensiasi, sebaiknya ibu dan bapak guru menggunakan kata yang sering dijumpai oleh peserta didik, misalnya kata dari buku cerita yang sedang digunakan.
Pernyataan di atas adalah…
A Benar
B Salah

Aden sudah fasih dalam membaca kata dan memahami makna kata. Aden pun sudah memahami bahwa kalimat terdiri dari serangkaian kata memiliki struktur. Maka, pada kegiatan membaca, Aden dapat masuk ke dalam kelompok…
A Penguasaan huruf
B Suku kata
C Kata
D Membaca lancar

Modul 3
Keterampilan Membaca Pemahaman

3 Soal
Kelancaran membaca bukan hanya dilihat dari kecepatan baca, tetapi juga dapat dilihat dari kemampuan membaca teks secara otomatis, akurat, menggunakan intonasi, tempo dan pemenggalan kata secara tepat.
Pernyataan di atas adalah…
A Benar
B Salah

Untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam memahami bacaan, pendidik dapat…
A Meminta peserta didik membaca kalimat yang ditunjuk B Membacakan banyak buku pada peserta didik
C Memberikan pertanyaan terkait buku yang telah dibaca
D Meminta peserta didik untuk menghitung jumlah suku kata pada kalimat yang ditunjuk

Saat pertama kali pendidik mengajarkan pemahaman literal dan inferensial, pendidik dapat memulainya dengan meminta peserta didik membuat kesimpulan dari…
A Kalimat sederhana
B Gambar
C Paragraf yang panjang
D Tabel

Modul 4
Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan

3 Soal
Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A Benar
B Salah

Kegiatan literasi terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dengan menggunakan gambar berseri dapat dilakukan dengan…
A Meminta satu kelompok mengurutkan kalimat bertema laut, dan kelompok lain mengurutkan kalimat bertema pegunungan
B Meminta satu kelompok mengurutkan gambar, dan kelompok lain mengurutkan kalimat
C Meminta satu kelompok mengurutkan gambar bertema binatang, dan kelompok lain mengurutkan gambar bertema profesi
D Memberikan tugas yang sama pada setiap kelompok membaca

Pak Bintang akan melakukan kegiatan membaca Bersama untuk meningkatkan pemahaman bacaan peserta didiknya.
Berikut langkah-langkah dalam kegiatan membaca Bersama yang harus Pak Bintang perhatikan, kecuali…
A Membuat kesepakatan bersama untuk selama kegiatan membaca berlangsung
B Memberikan pertanyaan terkait dengan bacaan maupun kosakata pada bacaan
C Mengimbau peserta didiknya untuk bertanya langsung ketika ada pertanyaan
D Memotivasi peserta didiknya untuk mencoba membaca kata yang ditunjuk 

Soal dan Jawaban Post Test Topik Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman Jenjang SD Lengkap diatas jadikan sebagai bahan referensi, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah bapak dan ibu simak melalui pemahaman, pemaparan, materi, dan video di tiap-tiap modul atau sumber lain.

Selamat belajar dan tetap semangat.

Post a Comment

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.