Iklan Header

Kurikulum dan Materi Program Pendidikan Guru Penggerak

Kurikulum dan Materi Program Pendidikan Guru Penggerak yang akan diterima oleh peserta meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Selama pelaksanaan program kegiatan tersebut, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru di sekolah.

Selama 9 bulan tersebut, peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan meliputi Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan.

Kurikulum dan Materi Program Pendidikan Guru Penggerak

Kurikulum Program Pendidikan Guru Penggerak  antara lain (a) Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak. (b) Materi dan Capaian Pembelajaran.

Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak

Terdapat 4 (empat) Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak, antara lain:
  1. Topik Utama.
    Pemimpin Pembelajaran, meliputi: Pembelajaran Berdeferensiasi, Komunitas Praktik, dan Pembelajaran Sosial dan Emosi.
  2. Metode Pelatihan.
    Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan, meliputi: (a) 70% Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa, (b) 20% Belajar dari rekan dan guru lain, dan (c) 10% Pelatihan Formal.
  3. Asesmen
    Untuk kegiatan asesmen, meliputi: (a) Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan, (b) Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah, dan (c) Peningkatan hasil belajar siswa.
  4. Prinsip Pelatihan
    Antara lain: Andragogi, Pembelajaran Berbasis Pengalaman, Kolaboratif, dan Reflektif.

Materi dan Capaian Pembelajaran

Terdapat 4 (empat) modul yang harus ditempuh oleh peserta Program Pendidikan Guru Penggerak, yaitu: 1. Modul Paradigma dan Visi Guru Penggerak, 2. Modul Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid, 3. Modul Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah, dan 4. Modul Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi.

Modul Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Capaian Pembelajaran
  • Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  • Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  • Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.
Topik Pembelajaran
  • Filosofi Pendidikan Indonesia
  • Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
  • Membangun visi sekolah
  • Membangun budaya positif di sekolah
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Modul Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid
Capaian Pembelajaran
  • Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
  • Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.
  • CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .
  • Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.
Topik Pembelajaran
  • Pembelajaran berdifferensiasi
  • Pembelajaran emosi dan sosial
  • Coaching
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Modul Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah
Capaian Pembelajaran
  • Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.
  • Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
  • Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.
  • Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Topik Pembelajaran
  • Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
  • Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  • Pengelolaan program yang berdampak pada murid
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Modul Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi
Capaian Pembelajaran
  • CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.
  • CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
  • CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
  • Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.
Topik Pembelajaran
  • Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan
  • Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3
  • Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
  • Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.
Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan


Untuk informasi lebih lanjut, simak Kriteria Seleksi Guru Penggerak dan daerah Sasaran PGP Angkatan 5

Post a Comment

0 Comments