Iklan Header

Soal Konsep Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 Topik 1 dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

GuruDikdasLamongan.id | Soal Konsep Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 Topik 1 dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 Merupakan materi dan soal lanjutan setelah sebelumnya melaksanakan Soal Ujicoba Asesmen Pasca Program Tahap 1.

Setelah mempelajari konsep pembelajaran jarak jauh secara menyeluruh, Bapak Ibu Guru peserta Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19 dapat mengukur sejauh mana pemahaman dalam menguasai topik pada materi.

Terdapat kuis mengenai konsep pembelajaran jarak jauh. Bapak atau Ibu peserta diminta untuk memilih satu jawaban yang dianggap paling sesuai.

Soal Konsep Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 Topik 1 dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

Jika Bapak atau Ibu merasa kurang puas dengan hasil kuis yang diperoleh, Bapak atau Ibu peserta dapat menjawab ulang kuis dan melihat kembali materi-materi yang sudah di pelajari untuk memastikan pemahaman pada modul materi.

Kuis Konsep Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 Topik 1 pencapaiannya adalah minimal 70%.

Simak juga: Soal Ujicoba Asesmen Pasca Program Tahap 1 dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

Terdapat 10 Soal kuis pada Soal Konsep Pembelajaran Jarak Jauh Tahap 1 Topik 1, jadi, simak-baik-baik soal dan referensi pilihan jawaban.

Kuis Konsep PJJ – Tahap 1 Topik 1 dan Pilihan Jawaban 

(Soal)
Prinsip pembelajaran jarak jauh yang utama harus dipahami oleh guru ialah …
  • Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum
  • PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama
  • 👍Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa
  • Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar siswa
(Soal)
Diantara tujuan pembelajaran jarak jauh berikut, yang berkaitan langsung dengan proses belajar siswa ialah:
  • Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan
  • 👍Memastikan pemenuhan hak belajar siswa dalam situasi darurat Covid-19
  • Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19
  • Memastikan pemenuhan dukungan psikososial guru, siswa dan orang tua
(Soal)
Covid-19 berdampak siswa belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Menurut Anda, bagaimana memilih pendekatan pembelajaran jarak jauh yang efektif?
  • Dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online
  • Dilakukan secara luring (luar jaringan) atau offline
  • Kombinasi antara daring dan luring
  • 👍Disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas belajar siswa
(Soal)
Pembelajaran jarak jauh tidak selalu dilakukan secara daring (dalam jaringan), tetapi dapat dilakukan melalui luring (luar jaringan). Apa saja yang termasuk media belajar secara luring?
  • Video pembelajaran
  • Buku sekolah elektronik
  • 👍Program belajar melalui televisi
  • Grup Whatsapp
(Soal)
Pembelajaran jarak jauh membuat guru, siswa dan orang tua untuk saling terlibat. Tantangan yang dikeluhkan orang tua merasa terbebani dengan tugas yang diberikan guru. Sebagai solusi, strategi 5M memanusiakan hubungan dapat menjawab tantangan tersebut. Apa saja yang bisa menjadi topik diskusi antara guru dan orang tua dalam strategi memanusiakan hubungan?
  • Cara belajar anak
  • Pekerjaan orang tua dan waktu mendampingi belajar anak
  • Kebiasaan anak dirumah
  • 👍Semua jawaban benar
(Soal)
Pembelajaran jarak jauh yang bermakna dapat dirancang melalui strategi 5M. Berikut ini yang bukan termasuk strategi 5M ialah:
  • Memahami konsep
  • 👍Merancang RPP
  • Membangun keberlanjutan
  • Memilih tantangan
(Soal)
Guru Abdi mengajar di daerah pelosok Indonesia. Keterbatasan mengakses internet menjadi tantangan melaksanakan PJJ. Guru Abdi mengumpilkan informasi terlebih dahulu terkait profil serta membangun kesepakatan bersama orang tua. Melalui hasil kesepakatan tersebut, penyampaian materi dilakukan melalui bahan ajar cetak sehingga siswa dan orang tua tidak terbebani dengan akses internet. Berdasarkan cerita dari Guru Abdi, apa strategi 5m yang telah diterapkan?
  • 👍Memanusiakan hubungan
  • Memilih tantangan
  • Memahami konsep
  • Memberdayakan konteks
(Soal)
Masih dari cerita Guru Abdi, selain menggunakan bahan ajar cetak, Guru Abdi merancang kegiatan belajar yang bisa mencakup lebih dari satu pelajaran. Apa strategi 5M yang dilakukan?
  • Memanusiakan hubungan
  • Memahami konsep
  • Membangun keberlanjutan
  • 👍Memberdayakan konteks
(Soal)
Selain strategi hubungan, pelibatan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui strategi memilih tantangan. Bagaimana guru dapat melibatkan orang tua untuk menerapkan strategi memilih tantangan?
  • Berdiskusi tentang tujuan
  • 👍Menyusun jadwal belajar bersama anak
  • Bertanya tantangan atau kesulitan belajar yang dihadapi anak
  • Menjadi narasumber untuk topik belajar yang relevan
(Soal)
Menurut Anda, bagaimana menerapkan strategi 5M membangun keberlanjutan?
  • 👍Memberi umpan balik dan refleksi pada setiap penugasan yang diberikan
  • Menyediakan pilihan jam belajar siswa
  • Memetakan profil siswa dan orang tua
  • Membangun kesepakatan dengan orang tua

Untuk kegiatan selanjutnya, simak Soal Konsep Kurikulum Pada Kondisi Khusus dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19.

Post a Comment

0 Comments