Iklan Header

NISN TERDETEKSI GANDA DI VERVAL PD. INI DIA PENYEBAB DAN SOLUSINYA

NISN TERDETEKSI GANDA DI VERVAL PD. INI DIA PENYEBAB DAN SOLUSINYA

NISN TERDETEKSI GANDA DI VERVAL PD

Guru Dikdas Lamongan - NISN terdeteksi ganda pada daftar residu di Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (Verval PD) dimana satu peserta didik terdata ganda pada lebih dari satu satuan pendidikan MI/SD MTs/SMP dan seterusnya dengan status sama atau dinyatakan aktif atau peserta didik kembar.

Lantas apa penyebabnya?

PENYEBAB NISN TERDETEKSI GANDA DI VERVAL PD

Penyebab NISN terdeteksi ganda pada daftar residu di verval PD dengan status sama atau dinyatakan aktif tersebut terjadi ketika:

  1. Terdapat satu NISN terdata atau tercatat lebih dari satu kali pada pendataan satuan pendidikan yang berbeda.
    Ini terjadi akibat mekanisme perekaman ulang atau hasil input yang dilakukan oleh satuan pendidikan tujuan (satuan pendidikan dimaa peserta didik berada) yang dikarenakan peserta didik tidak atau belum dikeluarkan dari pendataan satuan pendidikan.
  2. Terjadi akibat kemiripan variabel data peserta didik seperti pada kasus peserta didik kembar.

Hal tersebut akan nampak terlihat ketika operator sekolah memeriksa data verval pd melalui https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id menggunakan akun operator sekolah masing-masing.

Apa solusi yang harus dilakukan oleh operator sekolah?

SOLUSI NISN TERDETEKSI GANDA DI VERVAL PD

Dari 2 (dua) masalah atau penyebab NISN terdeteksi ganda pada daftar residu di verval PD diatas, terdapat beberapa solusi, yaitu:

Penyebab pertama solusi pertama: Operator satuan pendidikan tujuan berkordinasi dengan operator satuan pendidikan asal untuk mengeluarkan peserta didik tersebut dari pendataan (Dapodik/Emis).

Penyebab pertama solusi kedua: Jika solusi pertama tidak dilakukan, operator satuan pendidikan tujuan dapat mengajukan pengeluaran data peserta didik dari pendataan satuan pendidikan asal melalui VervalPD pada menu Pengeluaran Siswa (Tercatat Ganda). Menu tersebut hanya bisa dilakukan dan digunakan  untuk diajukan oleh operator satuan pendidikan tujuan.

Penyebab kedua solusi pertama: Penyelesaian penyebab kedua ketika NISN terdeteksi ganda ini hanya dapat diselesaikan atau diproses oleh Pusdatin melalui laporan ULT Kemendikbudristek berdasarkan pengajuan dari satuan pendidikan atau DInas Pendidikan terkait. Pusdatin akan memeriksa ulang data ganda dan memperbarui NISN salah satu peserta didik yang berasal dari Arsip Pusdatin atau hasil dari penerbitan NISN baru.

Segera lakukan perbaikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments