Iklan Header

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK DISIPLIN POSITIF MODUL 5 POSISI KONTROL GURU JENJANG SD


SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK DISIPLIN POSITIF MODUL 5 POSISI KONTROL GURU JENJANG SD

MATERI TOPIK DISIPLIN POSITIF JENJANG SD 5 POSISI KONTROL GURU

Pada Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan akan belajar 5 posisi kontrol yang dapat di gunakan untuk membantu murid membentuk disiplin diri.

5 Posisi Kontrol Guru tersebut antara lain:
  1. Posisi Kontrol Penghukum
  2. Posisi Kontrol Pembuat Rasa Bersalah
  3. Posisi Kontrol Teman
  4. Posisi Kontrol Pemantau
  5. Posisi Kontrol Manajer
Setelah mempelajari Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan diharuskan untuk menutup kegiatan tersebut dengan mengerjakan post test.

Untuk Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD ini terdiri dari 10 soal.

10 SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK DISIPLIN POSITIF MODUL RESTITUSI JENJANG SD

Berikut Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD.

Modul 3
5 Posisi Kontrol Guru

10 Soal
Hasan dan Radit saling melempar makanan pada saat jam makan siang. Pada saat Radit akan balik melempar kulit pisang ke Hasan, kulit pisang tersebut mengenai kepala pak Yono yang sedang melintas di area kantin. Pak Yono menegur keduanya, dan meminta mereka untuk menghadap kepala sekolah, Ibu Tini.
Ibu Tini langsung melihat buku tata tertib sekolah, dan membacakan peraturan dan konsekuensi yang berlaku. Akibat perbuatan mereka, Hasan dan Radit diminta untuk tinggal 20 menit sesudah jam pulang sekolah di ruang detensi dan mengerjakan pekerjaan rumah yang disupervisi oleh guru
piket.
Dari kasus Hasan dan Radit, tindakan yang dilakukan bu Tini adalah posisi kontrol ......... karena .......
A Pemantau, karena Ibu Tini meninjau buku tata tertib (peraturan) yang berlaku, dan memberikan konsekuensi yang berlaku disepakati di sekolah tersebut.
B Pemantau, karena Ibu Tini langsung memberikan hukuman detensi kepada Hasan dan Radit.
C Penghukum, karena Ibu Tini menghukum Hasan dan Radit dengan menyuruh kedua murid bertahan di sekolah sesudah jam pulang sekolah berakhir.
D Manajer, karena Ibu Tini selaku mengatur agar Hasan dan Radit mendapatkan konsekuensi tinggal 20 menit setelah jam pulang sekolah berakhir, dan disupervisi oleh guru piket. 

Diane Gossen menyatakan ada lima Posisi Kontrol guru. Dua Posisi Kontrol di antaranya adalah:
A Pembuat Sakit dan Pengendali
B Pemantau dan Manajer
C Penunjuk dan Penghukum
D Teman dan Pembuat Disiplin

Kedua hal ini adalah dampak dari posisi kontrol guru Penghukum pada siswa:
1 Rendah diri
2 Pendendam
3 Tidak menghormati peraturan
4 Menghormati konsekuensi.
A 2 dan 4
B 1 dan 3
C 2 dan 3
D 1 dan 4

Yeti masuk ruangan Bu Susi dengan muka bersungut-sungut. Dia tampak kesal sekali dan terlihat menahan amarah.
Ibu Susi mencoba menghampirinya, “Ada apa Yeti, jarang sekali ke ruangan Ibu.” Yeti menjawab pendek, “Kesal Bu... Saya dituduh tukang fitnah sama Ira. Ya saya balik ngatain dia
dong.”
Ibu Susi terdiam sejenak. Bila Ibu Susi berada di Posisi Kontrol Manajer, apa yang akan dikatakan oleh Ibu Susi selanjutnya? (pilih dua pernyataan/pertanyaan).
(1) “Kenapa bisa seperti itu, apa sebabnya?”
(2) “Kamu juga marah-marah. Coba diingat mungkin kamu mulai duluan”.
(3) “Sepertinya kamu kesal sekali, saya juga akan kesal bila dituduh seorang tukang fitnah.”
(4) “Kamu lagi, kamu lagi, sekarang masalah apa yang kamu hadapi?”
(5) “Semua orang bisa berbuat kesalahan.”
A 2 dan 5
B 1 dan 2
C 3 dan 4
D 3 dan 5

Posisi kontrol manajer akan mengatakan dua pernyataanpernyataan di bawah ini:
1 “Kamu selalu yang paling akhir”
2 “Tolong lakukan demi Bapak ya?”
3 “Apa keyakinan kita?”
4 “Apakah kamu bersedia memperbaikinya?”
A 1 dan 2
B 3 dan 4
C 2 dan 4
D 1 dan 3

Seorang guru yang berada di posisi kontrol Pemantau akan mengajukan pertanyaan atau melakukan kedua hal di bawah ini, KECUALI:
A Menghitung dan mencatat pelanggaran murid terhadap peraturanperaturan yang berlaku serta mensupervisi murid pada saat menjalankan konsekuensi yang telah disepakati.
B Memberikan penghargaan berupa stiker bintang, dan memberikan pujian bagi murid yang mentaati peraturan.
C Mencatat nama murid yang melanggar tata tertib kelas di papan tulis, serta memberikan konsekuensi bila telah melanggar lebih dari 3 kali.
D Menanyakan sebabnya murid melanggar peraturan yang ada, serta memintanya untuk meminta maaf pada orang yang dirugikan.

Murid-murid kelas 1 sangat ribut, dan sulit untuk tenang mengikuti pelajaran. Bu Yenny menegur murid-muridnya dengan mengatakan, “Siapa yang dapat duduk tenang dan mendengarkan, akan Ibu kasih stiker. Ayo siapa yang mau mendapatkan stiker?”
Murid-murid kelas 1 pun langsung dapat duduk tenang. Ibu Yenny sedang menjalankan proses disiplin dengan kontrol posisi apa?
A Penghukum
B Pembuat Merasa Bersalah
C Teman
D Pemantau

1 “Kamu ini selalu saja terlambat”
2 “Apa peraturannya, apakah kamu tahu konsekuensinya?”
3 “Ayolah lakukan demi Ibu ya nak?”
4 “Bilamana kamu berbaris rapi, nanti Ibu berikan stiker bintang”
Dua di antara pernyataan di atas adalah ciri pernyataan seorang Pemantau.
A 2 dan 4
B 1 dan 3
C 1 dan 4
D 2 dan 3

Didi tanpa sengaja menumpahkan botol air putihnya di meja dan membahasahi kertas teman sebelahnya, Bona. Pak Rahadi menggunakan posisi kontrol Manajer dalam menangani kasus
Didi.
Berikut adalah pertanyaan atau tindakan Pak Rahadi:
A “Kamu selalu saja buat kesalahan, kapan kamu tidak ceroboh? Makanya, gunakan matanya!”
B Konsekuensinya apa kalau kamu menumpahkan botol air begini? Sebaiknya kamu segera bersihkan dan ganti kertas Bona”
C Didi, Didi, bagaimana ini kamu menumpahkan air di kertas Bona. Nanti orang tua Bona bisa marah sekali kalau tahu kamu tumpahkan air.”
D Didi semua orang bisa berbuat kesalahan. Bagaimana rencana kamu untuk menyelesaikan masalah ini?”

Pada saat guru berada di posisi kontrol Manajer, guru melakukan dialog segitiga restitusi yang terdiri dari 3 sisi, yaitu:
A menanyakan apa yang sedang dipikirkan, menanyakan identitas pelanggar, dan validasi tindakan yang salah.
B menyatakan bahwa semua orang membuat kesalahan, menyatakan tindakannya yang salah, dan memberikan pujian.
C menstabilkan identitas, validasi tindakan yang salah, dan menanyakan keyakinan.
D menanyakan keyakinan, mengidentifikasi kesalahannya, dan menanyakan penyebab dari perbuatannya.

Simak soal selanjutnya pada 
Modul Hukuman VS Koneskuensi VS Restitusi Jenjang SD. Klik tulisan berikut:👇

Perlu bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan ketahui, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD yang Admin bagikan diatas merupakan:
  1. Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD.
  2. Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri.
  3. Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain.
Selamat belajar. Ingat! Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Modul 5 Posisi Kontrol Guru Jenjang SD ini juga Admin dapatkan dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan sudah Admin rangkum.

Post a Comment

0 Comments