Iklan Header

SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK DISIPLIN POSITIF MODUL BOLEHKAH MEMAKSA JENJANG SD


SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK DISIPLIN POSITIF MODUL BOLEHKAH MEMAKSA JENJANG SD

MATERI TOPIK DISIPLIN POSITIF JENJANG SD MODUL BOLEHKAH MEMAKSA

Pada Topik Disiplin Positif Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan akan mempelajari tentang makna disiplin dan teori motivasi perilaku yang ditunjukan oleh seseorang.

Setelah mempelajari Topik Disiplin Positif Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD, bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan diharuskan untuk menutup kegiatan tersebut dengan mengerjakan post test.

Untuk Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Jenjang SD Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD ini terdiri dari 10 soal.

10 SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK DISIPLIN POSITIF MODUL BOLEHKAH MEMAKSA JENJANG SD

Berikut Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Jenjang SD Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD.

Modul 1
Bolehkah Memaksa

10 Soal
Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor. Manakah alas an berikut ini yang bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains?
A Membanggakan orang tua
B Membawa nama harum sekolah
C Menjadi dikenal oleh guru-guru dan teman-teman di sekolah
D Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat

Simak percakapan berikut ini.
“Kalau sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?”
“Aku ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.”
Alasan Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari ….
A menghindari rasa sakit
B mendapatkan kebahagiaan
C mengharapkan penghargaan
D menjadi orang yang diinginkan

Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
A Menghindari rasa sakit
B Mendapatkan kebahagiaan
C Mengharapkan penghargaan
D Menjadi orang yang diinginkan.

Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
A Memandu murid mengidentifikasi cita-citanya
B Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
C Membantu murid menemukan cara-cara yang bisa membuat dirinya termotivasi
D Mendorong murid untuk menemukan tokoh atau kisah yang bisa menjadi inspirasinya

Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah ….
A mengingatkan murid-murid secara rutin dan terus-menerus akan peraturan sekolah
B menegakkan peraturan dengan cara memberikan hadiah bagi murid yang paling disiplin
C berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang mereka buat
D senantiasa memantau muridnya dan mengingatkan pada saat ada perilaku yang tidak sesuai dengan peraturan

Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
A Menambah nilai sebesar 10 poin untuk pengumpulan tugas tepat waktu
B Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas
C Menambah nilai sebesar 15 poin untuk pengumpulan tugas sebelum batas waktu
D Semua jawaban benar

Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang BUKAN merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
A Menghindari rasa sakit
B Mendapatkan kebahagiaan
C Mengharapkan penghargaan
D Menjadi orang yang diinginkan

Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena ….
A bersifat eksternal
B ada konsekuensi langsung yang diterima
C mendapatkan kepatuhan yang segera
D perubahan perilaku langsung terlihat

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI ….
A Nilai baik apa yang kamu percayai?
B Apa tujuan yang ingin kamu capai?
C Kamu ingin menjadi seseorang seperti apa?
D Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?

Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena ….
A orang lain tidak bisa mengatur kita
B motivasi internal bersifat jangka panjang
C kita hanya bisa mengatur diri kita sendiri
D semua jawaban benar

Simak soal selanjutnya pada Modul Restitusi Jenjang SD. Klik tulisan berikut:👇
Perlu bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan ketahui, bahwa Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Jenjang SD Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD yang Admin bagikan diatas merupakan:
  1. Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Jenjang SD Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD.
  2. Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri.
  3. Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain.
Selamat belajar. Ingat! Soal dan Jawaban Post Test Topik Disiplin Positif Modul Bolehkah Memaksa Jenjang SD ini juga Admin dapatkan dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan sudah Admin rangkum.

Post a Comment

0 Comments