Iklan Header

3 MODUL SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK SEMANGAT GURU 2 KOMPETENSI NONTEKNIS KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD

GuruDikdasLamongan.Id | 3 Modul Soal post test Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka merupakan tahapan yang harus dilalui di setiap modul.

Modul-modul pada Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka terbagi menjadi 3 (tiga) modul, antara lain: Modul 1 Kreativitas dan Inovasi, Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah, dan Modul 3 Pembinaan dan Komunikasi.

3 MODUL SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK SEMANGAT GURU 2 KOMPETENSI NONTEKNIS KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD

TOPIK SEMANGAT GURU 2 KOMPETENSI NONTEKNIS KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD

Program Semangat Guru 2 terbit di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan platform Guru Berbagi dan Belajar (GBB). Setelah selesai program di PMM, Anda bisa mengeksplorasi lebih lanjut pelatihan ini di GBB atau sebaliknya, agar pemahaman bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan tentang kemampuan non-teknis dalam dunia pendidikan lebih lengkap dan terasah.

Post test di tiap-tiap modul tersebut wajib bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan lalui untuk dapat mengakhiri kegiatan dan dilanjutkan dengan Aksi Nyata sebagai bentuk partisipasi dalam mengikuti kegiatan Pengembangan Diri Pelatihan Mandiri.

3 MODUL SOAL DAN JAWABAN POST TEST TOPIK SEMANGAT GURU 2 KOMPETENSI NONTEKNIS KURIKULUM MERDEKA JENJANG SD

Dikutip dari berbagai sumber, berikut Admin Guru Dikdas Lamongan bagikan 3 Modul Soal dan Jawaban Post Test Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka yang terbagi menjadi 3 (tiga) soal post test sesuai masing-masing modul yang ada.

Namun sebelum itu, perlu bapak dan ibu Guru Dikdas Lamongan ketahui, bahwa 3 Modul  Soal dan Jawaban Post Test Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Jenjang SD yang Admin bagikan ini merupakan:
  1. Sebagai jawaban referensi tambahan dalam proses memahami soal pada setiap modul pada topik 11 (sebelas) Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka.
  2. Sebagai bahan bapak dan ibu guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman sendiri.
  3. Referensi jawaban yang Admin sajikan tidak menjadi patokan 100 benar, silahkan bapak dan ibu mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak dan disampaikan melalui video di tiap-tiap modul atau sumber lain.
Simak 3 Modul Soal dan Jawaban Post Test Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Jenjang SD yang dapat dijadikan bahan referensi berikut ini:

Modul 1
Kreativitas dan Inovasi

Silakan lihat kegiatan-kegiatan berikut ini:
1 Guru memberikan pertanyaan pemicu mengenai perubahan iklim.
2 Guru memberikan aturan yang ketat dalam tugas eksperimen sains.
3 Peserta didik berada dalam lingkungan pembelajaran yang membuatnya tertekan.
4 Peserta didik diberikan apresiasi atas keberaniannya dalam menuangkan ide.
Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendorong peserta didiknya menjadi pribadi yang kreatif?
A 1 dan 2
B 3 dan 4
C 1 dan 4
D 2 dan 3

Proses memunculkan satu kemungkinan solusi pada suatu masalah disebut juga sebagai
A Berpikir divergen
B Berpikir analitis
C Berpikir logis
D Berpikir konvergen

Budi menyalin sebuah karya tulis dari laman internet yang ia temukan, kemudian ia kumpulkan sebagai tugas karya tulis buatannya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara itu, untuk mata pelajaran Seni dan Budaya, Santi membawa contoh gambar lukisan bunga matahari yang ia temukan dari laman internet. Contoh lukisan bunga tersebut digunakan sebagai acuan memodifikasi lukisannya yang bertema pekarangan rumah.
Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa…
A Budi menjiplak dan Santi terinspirasi karya lain
B Budi terinspirasi dan Santi menjiplak karya lain
C Budi dan Santi menjiplak karya lain
D Budi dan Santi terinspirasi karya lain

Saat kelas 2 SD, Kana sangat kagum ketika melihat teman kelasnya membuat prakarya dari batang korek api. Menurut Kana, apa yang dibuat oleh temannya sangat kreatif dan baru.
Namun, bagi Pak Amar, seorang guru seni, prakarya tersebut tidaklah baru karena merupakan bahan materi ajar untuk peserta didik kelas 3 SD.
Ilustrasi di atas menunjukkan prinsip orisinalitas yang bersifat relatif, yaitu…
A Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang tidak biasa bagi orang lain.
B Sesuatu yang baru bagi seseorang bisa jadi sudah menjadi hal yang biasa bagi orang lain.
C Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti menjadi hal yang biasa bagi orang lain.
D Sesuatu yang baru bagi seseorang sudah pasti baru bagi orang lain.

Modul 2
Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali …
A Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?
B Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?
C Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?
D Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan …
A Menggagas alternatif solusi
B Menimbang alternatif solusi
C Mengimplementasi solusi
D Mengevaluasi solusi

Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.
Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah …
A Pelan-pelan dan berefleksi
B Terbuka terhadap sudut pandang lain
C Antisipasi berbagai dampak
D Bertanggung jawab terhadap keputusan

Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya.
Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi …
A Apa yang saya pelajari?
B Apa yang saya sudah mengerti?
C Apa yang saya belum mengerti?
D Bagaimana supaya saya mengerti?

Modul 3
Pembinaan dan Komunikasi

Saat sesi coaching, seorang coach menyadari bahwa coachee terlihat murung, sering menunduk, dan volume suaranya kecil. Ia menyimpulkan bahwa coachee sedang gelisah dan khawatir akan suatu hal. Untuk memastikan hal tersebut, Ia merangkum jawaban coachee dan memastikan kebenarannya. Hal yang dilakukan oleh Coach tersebut merupakan bagian dari 8 kompetensi International Coaching Federation, yaitu…
A Mewujudkan pola pikir coaching
B Membangkitkan kesadaran dengan memfasilitasi wawasan dan pembelajaran klien
C Mempertahankan kehadiran dengan cara sepenuhnya sadar dan hadir bersama klien
D Mendengarkan secara efektif

Istilah “Walk The Talk” memiliki arti berikut, kecuali…
A Membuktikan suatu perkataan dengan tindakan
B Mengucapkan sesuatu tanpa adanya tindakan
C Menggantikan kata dengan tindakan
D Melakukan apa yang kita ajarkan

Seorang Coachee (peserta didik) bercerita pada Coach mengenai kesalahan yang Ia perbuat. Saat mendengarkan, Coach langsung terbawa emosi dan memberikan judgment serta menasihati coachee tanpa mendengarkan lebih lanjut penjelasan dari coachee. Perilaku Coach dalam kasus tersebut tidak sesuai dengan salah satu Coaching Mindset, yaitu…
A Mindfulness (Waspada)
B Curiosity (Rasa Ingin Tahu)
C Flexible (Fleksibel)
D Client-Centered (Berpusat pada Klien)

Seorang guru didatangi oleh peserta didik yang sedang sedih dan ingin bercerita. Guru tersebut memberikan waktunya untuk mendengarkan cerita peserta didik tersebut. Pada saat mendengarkan, guru tersebut beberapa kali membuka handphonenya. Lalu, guru tersebut juga langsung menasihati peserta didik dan menanggapinya dengan panjang lebar. Menurut Anda, apakah yang dilakukan guru tersebut sudah benar jika dikaitkan dengan materi Mendengarkan Aktif (Active Listening?
A Belum benar, karena seharusnya guru tidak bermain handphone melainkan fokus pada perilaku dan cerita peserta didik serta hanya mendengarkan peserta didik sampai selesai bercerita tanpa perlu menasihati dan menanggapi dengan panjang lebar jika tidak diminta
B Belum benar, karena seharusnya tidak bermain handphone, namun tetap harus menasihati dan menanggapi dengan panjang lebar
C Sudah benar, tapi seharusnya menghibur peserta didik dengan mengajak bermain handphone bersama
D Sudah benar secara keseluruhan

Selamat mengerjakan. Ingat! Referensi 3 Modul Soal dan Jawaban Post Test Topik Semangat Guru 2 Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Jenjang SD yang Admin sajikan dari berbagai sumber tidak menjadi patokan bahwa seluruh jawaban adalah 100 benar, silahkan bapak dan ibu pelajari kembali topik dari masing-masing modul mulai dari materi, pemaparan, dan juga video.

Post a Comment

0 Comments