Iklan Header

STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD DAN SD/MI

gurudikdaslamongan.id | Berikut ini, Admin Guru Dikdas Lamongan akan mencoba mencatat hasil pemaparan terkait Struktur Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD DAN SD/MI

Kegiatan tersebut (Seri Webinar Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar) dilaksanakan pada 25 April 2022 dan di dokumentasikan pada Channel youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI. 

Kurikulum Merdeka Adalah

STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD DAN SD/MI

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Struktur Kurikulum Merdeka

Di dalam Struktur Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah terbagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama.

2 Kegiatan utama yang terbagi dalam Struktur Kurikulum Merdeka yaitu: 1) Pembelajaran Intrakurikuler, dan 2) Projek Penguatan profil pelajar Pancasila.
  1. Pembelajaran Intrakurikuler
    Yaitu: Kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran di setiap fase.
  2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila
    Yaitu: Kegiatan khusus yang ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusn (SKL).

Alokasi Waktu Kegiatan Kurikulum Merdeka
Pengelolaan waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran dari seluruh mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing kegiatan.

Sedangkan untuk alokasi waktu untuk kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila, pelaksanaannya tidak harus sama antara kegiatan satu dengan kegiatan lainnya. Bisa saja, satu kegiatan dalam penguatan profil pelajar Pancasila dapat dilakukan dengan durasi waktu yang lebih panjang dari kegiatan lain atau juga durasi waktunya dilaksanakan dengan waktu yang relatif singkat.

Muatan Lokal Kurikulum Merdeka

Satuan pendidikan menambahkan muatan lokal (Mulok) yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan karakteristik daerah.

Satuan pendidikan dapat menambahkan muatan tambahan sesuai karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel, melalui 3 (tiga) pilihan.
  1. Mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain.
  2. Mengintegrasikan ke dalam tem aprojek penguatan profil pelajar Pancasila.
  3. Mengembangkan mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD

Struktur Kurikulum Merdeka untuk jenjang anak usia dini (PAUD) terdiri dari 2 (dua) kegiatan, yaitu: 
  1. Kegiatan pembelajaran intrakulikuler.
  2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Kegiatan pembelajaran intrakulikuler Jenjang PAUD
Kegiatan pembelajaran intrakulikuler jenjang PAUD dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam Capaian Pembelajarn (CP) fase fondasi.

Inti dari kegiatan pembelajaran intrakulikuler jenjang PAUD adalah bermain bermakna sebagai perwujudan "Merdeka Belajar, Merdeka Bermain".

Kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak dan perlu didukung dengan penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak.

Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila Jenjang PAUD
Projek penguatan profil pelajar Pancasila Jenjang PAUD ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD).

Penguatan profil pelajar Pancasila Jenjang PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional.

Alokasi waktu pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan waktu kegiatan di PAUD.

Alokasi waktu kegiatan jenjang PAUD
  • Untuk usia 3 sampai dengan 4 tahun sebaiknya tidak kurang dari 360 (tiga ratus enam puluh) menit perminggu.
  • Untuk usia 4 sampai dengan 6 tahun sebaiknya tidak kurang dari 900 (sembilan ratus) menit perminggu.

Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD

Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SD atau MI dibagi menjadi 3 (tiga) fase:
  1. Fase A untuk kelas 1 dan kelas 2.
  2. Fase B untuk kelas 3 dan kelas 4.
  3. Fase C untuk kelas 5 dan kelas 6.

Satuan pendidikan jenjang SD/MI dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Proporsi bahan belajar jenjang SD/MI terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
  1. Pembelajaran intrakulikuler.
  2. Projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dialokasikan sekitar 20% (dua puluh persen) beban belajar pertahun.

Pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik itu muatan maupun waktu pelaksanaan. Muatan projek harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai fase peserta didik dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Jenjang SD/MI

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas 1
STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD DAN SD/MI

*Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
**Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).
***Maksimal 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
****Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas 2
STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA

*Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
**Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).
***Maksimal 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
****Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Alokasi Waktu Mata Pelajaran SD/MI Kelas 3 - 5
STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA JENJANG PAUD DAN SD/MI

*Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
**Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari).
***Maksimal 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.
****Total JP tidak termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Simak selanjutnya untuk Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang SMP.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang baik dan sopan. Komentar yang bersifat spam dan mengandung sara, mohon maaf akan kami hapus.