Iklan Header

Pembulatan dan Penaksiran. Ringkasan Materi Matematika Kelas 4 SD. Soal PDF

Pembulatan dan Penaksiran merupakan ringkasan materi Matematika pada Kelas 4 Sekolah Dasar semester 1 (satu) tahun ajaran berjalan.

Sebelum ke pokok inti materi "Pembulatan dan Penaksiran", perlu Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan, bahwa materi ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi khususnya Guru Kelas 4 dalam menyampaikan pelajaran secara daring maupun luring pada peserta didik.

Pembulatan dan Penaksiran. Ringkasan Materi Matematika Kelas 4 SD. Soal PDF
Foto Peserta Didik Kelas 4 SD Negeri Bantengputih (Naoval L) sedang melaksanakan BDR

Mengingat kondisi yang ada saat ini, yakni pada masa darurat, sehingga pelaksanaan proses pembelajaran agar tetap tersampaikan dengan Belajar Dari Rumah (BDR).

Pembulatan dan Penaksiran Materi Matematika Kelas 4 SD

Pernahkah kalian diajak orang tuamu berbelanja barang-barang di pasar? Pernahkah kalian bertanya, apa yang akan dibeli oleh orang tuamu? Tahukah orang tuamu, kira-kira harga barang-barang yang akan di beli?

Pastinya, orang tua kalian dapat menaksir harga barang-barang tersebut. Sehingga uang yang akan di bawa cukup untuk membayarnya. Penaksiran yang dilakukan oleh orang tua kalian tidak lepas dari pembulatan.

Bagaimana cara membulatkan dan menaksir suatu bilangan? Ikuti terus materi ini hingga akhir, agar bapak dan ibu guru kelas dan orang tua kalian di rumah dapat menjelaskan.

Pembulatan Bilangan ke dalam Puluhan, Ratusan, dan Ribuan Terdekat

Untuk materi ini, Admin Guru Dikdas Lamongan akan turut menjelaskan tentang: (1) Pembulatan ke Puluhan Terdekat, (2) Pembulatan ke Ratusan Terdekat, dan (3) Pembulatan ke Ratusan Terdekat.

Pada dasarnya, pembulatan adalah membulatkan bilangan pecahan menjadi bilangan bulat dengan tujuan memudahkan dalam perhitungan. Dalam melakukan pembulatan, yang perlu diperhatikan adalah nilai tempat bilangan tersebut.

1. Pembulatan ke Puluhan Terdekat
Yang harus kalian perhatikan dalam membulatkan bilangan ke puluhan terdekat yaitu angka satuannya.
  • Apabila angka satuannya kurang dari 5, maka dibulatkan ke bawah menjadi bilangan 0.
  • Apabila angka satuannya 5 atau lebih, maka angkat tersebut dibulatkan ke atas menjadi bilangan 10.
Simak contoh-contoh berikut, agar kalian dapat memahami.
  • 47 dibulatkan menjadi 50
  • 32 dibulatkan menjadi 30
  • 55 dibulatkan menjadi 60
  • 24 dibulatkan menjadi 20
  • 88 dibulatkan menjadi 90

2. Pembulatan ke Ratusan Terdekat
Yang harus kalian perhatikan dalam membulatkan bilangan ke ratusan terdekat yaitu angka puluhannya.
  • Apabila angka puluhannya kurang dari 50, maka dihilangkan.
  • Apabila angka puluhannya 50 atau lebih, maka angkat tersebut dibulatkan ke atas menjadi bilangan 100.
Simak contoh-contoh berikut, agar kalian dapat memahami.
  • 470 dibulatkan menjadi 500
  • 320 dibulatkan menjadi 300
  • 550 dibulatkan menjadi 600
  • 240 dibulatkan menjadi 200
  • 880 dibulatkan menjadi 900

3. Pembulatan ke Ribuan Terdekat
Yang harus kalian perhatikan dalam membulatkan bilangan ke ribuan terdekat yaitu angka ratusannya.
  • Apabila angka ratusannya kurang dari 500, maka dihilangkan.
  • Apabila angka ratusannya 500 atau lebih, maka angkat tersebut dibulatkan ke atas menjadi bilangan 1000.
Simak contoh-contoh berikut, agar kalian dapat memahami.
  • 4.700 dibulatkan menjadi 5.000
  • 3.200 dibulatkan menjadi 3.000
  • 5.500 dibulatkan menjadi 6.000
  • 2.400 dibulatkan menjadi 2.000
  • 8.800 dibulatkan menjadi 9.000

Penaksiran Bilangan ke dalam Puluhan, Ratusan, dan Ribuan Terdekat

Penaksiran bilangan bulat berarti memperkirakan hasil suatu bilangan setelah sebelumnya angka tersebut dibulatkan terlebih dahulu.

Dalam melakukan penaksiran yang harus kalian perhatikan dan pahami adalah nilai tempatnya.

Bentuk-bentuk penaksiran bilangan bulat terbagi menjadi: (1) Taksiran rendah, (2) Taksiran terdekat, dan (3) Taksiran tinggi.

Agar lebih memahami materi Penaksiran Bilangan ke dalam Puluhan, Ratusan, dan Ribuan Terdekat. Untuk itu, simak materi hingga selesai.

1. Penaksiran Hasil Penjumlahan ke dalam Puluhan Terdekat
Contoh: 93 + 27 = ....
  • Taksiran rendah = 90 + 20 = 110
  • Taksiran terdekat = 90 + 30 = 120
  • Taksiran tinggi = 100 + 30 = 130
2. Penaksiran Hasil Penjumlahan ke dalam Ratusan Terdekat
Contoh: 572 + 329 = ....
  • Taksiran rendah = 500 + 300 = 800
  • Taksiran terdekat = 600 + 300 = 900
  • Taksiran tinggi = 600 + 400 = 1000
3. Penaksiran Hasil Penjumlahan ke dalam Ribuan Terdekat
Contoh: 2.275 + 6.720 = ....
  • Taksiran rendah = 2.000 + 6.000 = 8.000
  • Taksiran terdekat = 2.000 + 7.000 = 9.000
  • Taksiran tinggi = 3.000 + 7.000 = 10.000
4. Penaksiran Hasil Pengurangan ke dalam Puluhan Terdekat
Contoh: 77 – 37 = ....
  • Taksiran rendah = 70 – 30 = 40
  • Taksiran terdekat = 80 – 40 = 40
  • Taksiran tinggi = 80 – 40 = 40
5. Penaksiran Hasil Pengurangan ke dalam Ratusan Terdekat
Contoh: 842 – 468 = ....
  • Taksiran rendah = 800 – 400 = 400
  • Taksiran terdekat = 800 – 500 = 300
  • Taksiran tinggi = 900 – 500 = 400
6. Penaksiran Hasil Pengurangan ke dalam Ribuan Terdekat
Contoh: 8.615 – 1.250 = ....
  • Taksiran rendah = 8.000 – 1.000 = 7.000
  • Taksiran terdekat = 9.000 – 1.000 = 8.000
  • Taksiran tinggi = 9.000 – 2.000 = 7.000
Sebagai bahan catatan bapak ibu guru kelas 4 dan orang tua. Penaksiran bilangan di atas, juga berlaku untuk perkalian dan pembagian.

Soal Latihan Pembulatan dan Penaksiran Materi Matematika Kelas 4 SD

1. Tulislah pembulatan bilangan berikut sampai puluhan terdekat!
  • 75 dibulatkan menjadi ….
  • 58 dibulatkan menjadi ….
  • 35 dibulatkan menjadi ….
  • 59 dibulatkan menjadi ….
  • 82 dibulatkan menjadi ….
2. Tulislah pembulatan bilangan berikut sampai ratusan terdekat!
  • 923 dibulatkan menjadi ....
  • 418 dibulatkan menjadi ....
  • 254 dibulatkan menjadi ....
  • 377 dibulatkan menjadi ....
  • 672 dibulatkan menjadi ....
3. Tulislah pembulatan bilangan berikut sampai ribuan terdekat!
  • 6.106 dibulatkan menjadi ....
  • 2.844 dibulatkan menjadi ....
  • 4.531 dibulatkan menjadi ....
  • 4.215 dibulatkan menjadi ....
  • 5.842 dibulatkan menjadi ....
4. Taksirlah operasi hitung di bawah ini dalam puluhan terdekat!
  • 49 + 43 = ....
    Taksiran rendah = ....
    Taksiran terdekat = ....
    Taksiran tinggi = ....
  • 53 – 24 = ....
    Taksiran rendah = ....
    Taksiran terdekat = ....
    Taksiran tinggi = ....
  • 45 x 23 = ....
    Taksiran rendah = ....
    Taksiran terdekat = ....
    Taksiran tinggi = ....
  • 79 : 24 = ....
    Taksiran rendah = ....
    Taksiran terdekat = ....
    Taksiran tinggi = ....
5. Taksirkan hasil operasi hitung di bawah ini dalam ratusan terdekat!
  • 215 + 250 = ....
  • 810 – 650 = ....
  • 410 x 320 = ....
  • 760 : 190 = ...

Soal PDF Pembulatan dan Penaksiran Materi Matematika Kelas 4 SD

Untuk soal-soal diatas pada Soal Latihan Pembulatan dan Penaksiran Materi Matematika Kelas 4 SD dapat disimak atau diunduh agar lebih memudahkan dalam mengerjakan.

 
[Unduh] Soal Pembulatan dan Penaksiran Materi Matematika Kelas 4 SD.

Semoga, (Pembulatan dan Penaksiran. Ringkasan Materi Matematika Kelas 4 SD. Soal PDF) ringkasan yang sudah Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan dapat membantu bapak ibu guru kelas 4, orang tua, dan peserta didik dalam memahami pelajaran yang dilakukan secara daring maupun luring.

Post a Comment

0 Comments