Iklan Header

Soal Konsep Asesmen Diagnostik Awal dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19


Pada konsep asesmen diagnostik awal ini, peserta diharapkan mempelajari modul bahan pembelajaran yang ada sebelum melaksanakan kegiatan berupa menjawab kuis Konsep Asesmen Diagnostik Awal.

Modul bahan pembelajaran pada Konsep Asesmen Diagnostik Awal ini meliputi: Pengantar Konsep Asesmen Diagnosis Awal, Mengenal Lebih Jauh Konsep Asesmen Diagnostik Awal, Asesmen Diagnostik Non Kognitif, Asesmen Diagnostik Kognitif, Diagnostik dan Tindak Lanjut Asesmen, Refleksi Pembelajaran Tahap 1 - topik 3, dan Perayaan Capaian Belajar Tahap 1 – Topik 3.

Setelah membaca dan menelaah modul-modul diatas secara berurutan, Bapak atau Ibu Guru peserta Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19, tahap selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan berupa Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal.

Capaian minimal yang harus diperoleh oleh Bapak atau Ibu selaku peserta dalam menjawa Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal harus mencapai minimal 70%.

Soal Konsep Asesmen Diagnostik Awal dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19

Terdapat 4 soal Kuis Konsep Asesmen Diagnostik Awal Tahap 1 – Topik 3, simak dibawah ini bersama referensi jawaban.

Soal Konsep Asesmen Diagnostik Awal dan Pilihan Jawaban

(Soal)
Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnostik awal pembelajaran adalah…
  • Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi
  • 👍Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar
  • Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh
  • Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa
(Soal)
Berikut ini adalah siklus asesmen di awal pembelajaran…
  • Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut 
  • Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif 
  • Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif 
  • 👍Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi
(Soal)

Dalam melakukan persiapan diagnostik awal non kognitif, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti… 
  • Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online?
  • 👍Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari rumah?
  • Apa orang tuamu lakukan untuk membantumu ketika belajar dari rumah?
  • Apa tugas yang paling sulit dikerjakan selama belajar dari rumah?
(Soal)
Guru Tya telah melakukan asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif awal, Adit seorang siswanya memiliki nilai skor yang tinggi pada asesmen kognitifnya namun pada asesmen non kognitif Adit mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai kegiatan pembelajaran jarak jauh yang gurunya berikan.
Dari cerita diatas tindak lanjut yang dapat Guru Tya lakukan adalah…
  • Membentuk kelompok belajar bagi siswanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh
  • Membuat aktivitas belajar yang kreatif
  • 👍Melakukan diskusi dengan Adit dan orang tuanya, terkait kendala yang dihadapi Adit
  • Memberikan pilihan aktivitas pembelajaran jarak jauh yang ingin dilakukan Adit

Setelah menjawab Soal Konsep Asesmen Diagnostik Awal dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19, di akhir materi pada Perayaan Capaian Belajar Tahap 1 – Topik 3, peserta berhak mendapatkan 3 buah lencana sebagai tanda kelulusan pembelajaran dari enam topik yang harus di selesaikan.

Klik pada tombol “Tandai Telah Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda selaku peserta sudah menyelesaikan pelajaran.

Untuk selanjutnya, simak: Soal Konsep Asesmen Diagnosis Berkala dan Pilihan Jawaban Bimtek Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID-19.

Post a Comment

0 Comments