Iklan Header

2 Cara Login PIP di Portal SIPINTAR Enterprise Untuk Sekolah

2 Cara Login PIP di Portal SIPINTAR Enterprise Untuk Sekolah baik di semua jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK.

Portal SIPINTAR atau Sistem Informasi Indonesia Pintar merupakan alamat yang baru di rilis oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya yaitu untuk menggabungkan PIP (Program Indonesia Pintar) seluruh jenjang pendidikan baik itu Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dari website sebelunya.

Jika login pada portal PIP sebelumnya setiap sekolah harus mengakses menggunakan beberapa akses laman yang berbeda-beda akan tetapi untuk saat ini proses tersebut cukup menggunakan satu akses saja.

Dapat dilihat di alamat portal yang baru pada https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise terdapat beberapa beberapa akses login, baik login sebagai Dinas Propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Sekolah, Kemendikbud, dan Pengelola.

2 Cara Login PIP di Portal SIPINTAR Enterprise Untuk Sekolah

2 Cara Login PIP Untuk Sekolah di Portal SIPINTAR Enterprise

Terdapat 2 Cara Login PIP Untuk Sekolah di Portal SIPINTAR Enterpreise, yaitu login langsung pada portal atau login menggunakan menggunakan SSO Dapodik.

1. Login langsung pada Portal
  1. Masuk pada https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/session
  2. Klik pilih Login Sebagai
  3. Pilih Sekolah
  4. Masukkan Username dan Password
  5. Tekan Login
2. Login Menggunakan SSO Dapodik
  1. Masuk pada https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/session
  2. Klik pilih Login Sebagai
  3. Pilih Sekolah
  4. Klik Login SSO Dapodik
  5. Masukkan autentikasi pengguna (Akun Dapodik) Username dan Password
  6. Tekan Masuk
Setelah berhasil masuk, maka tampilan beranda SIPINTAR Enterprise Untuk Sekolah hanya terdapat Nama Operator Dapodik.

Pilih Menu Siswa yang tepat berada dibawah Beranda, pada menu siswa terdapat Tahun >> Tahap >> dan Status Pencairan.

Keterangan Menu Pada Beranda SIPINTAR Enterprise Untuk Sekolah

  1. Menu Tahun
    Pada keterangan Menu Tahun, sekolah dapat mengetahui mulai tahun berapa saja PIP peserta didiknya yang belum dicairkan dan yang sudah dicairkan. 
  2. Menu Tahap
    Pada Menu Tahap, Operator sekolah bisa melihat Tahap 1 atau Tahap 2 PIP peserta didik yang belum dan yang sudah dicairkan. 
  3. Menu Status Pencairan
    Operator sekolah juga bisa melihat daftar siswa yang belum mencairkan dana PIP Tahap 1 dan tahap 2 tahun 2020 dan juga siswa yang sudah mencairkan dana PIP Tahap 1 dan Tahap 2 tahun 2020.

Konfirmasi Data Pada Beranda SIPINTAR Enterprise Untuk Sekolah

Pada tampilan Konfirmasi Data menampilkan beberapa keterangan, diantaranya:
  1. Beda Jenjang
  2. Kembali Ke Negara
  3. Lulus
  4. Meninggal
  5. Menolak
  6. Mutasi
  7. Sudah Cair
  8. Tidak Bisa dihubungi
  9. Tidak Sekolah
Untuk itu Bapak atau Ibu Guru Dikdas Lamongan khususnya Operator Sekolah,  segera cek secara mandiri data peserta didik yang menerima dan belum menerima di masing-masing tahap PIP pada di Portal SIPINTAR Enterprise.

Lebih mudahnya, gunakan Login SSO Dapodik untuk dapat mengakses PIP di Portal SIPINTAR Enterprise.*)

Post a Comment

0 Comments