Iklan Header

Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 PB 4 Guru Dikdas Lamongan

Materi Kelas 3
Tema 7 Perkembangan Teknologi
Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran 4

Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 PB 4 Guru Dikdas Lamongan

Teks bacaan.
 
Cara Menjaga Keselamatan di Kolam Renang

Pagi hari, Siti menerima pesan singkat (SMS) dari Lani melalui ponsel milik ibu. Rupanya, Lani mengajak Siti untuk berenang bersama. Siti meminta izin kepada Ibu untuk pergi berenang bersama Lani dan Dayu. Ibu mengizinkan Siti pergi berenang. Ibu meminta Bibi untuk menemani Siti pergi berenang.

Berenang merupakan olahraga air yang baik. Pada saat berenang semua otot tubuh bergerak. Namun, kita harus waspada akan bahaya berkegiatan di air. Bahaya yang mungkin terjadi di kolam renang adalah tenggelam. Agar tetap selamat saat berenang, kita harus ditemani oleh orang yang sudah mahir.

Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga keselamatan diri saat berenang?
Upaya menjaga keselamatan diri saat beraktivitas di air
  1. Gunakan pelampung
  2. Lakukan pemanasan untuk mencegah cedera
  3. Berlatih berenang di kolam yang dangkal
  4. Tidak berenang sendiri dan pastikan ada yang mengawasi

Perhatikan poster cara menjaga keselamatan diri di kolam renang sebagai berikut.
Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 PB 4Lakukan tahapan-tahapan berikut sebelum berenang:
  1. Pastikan pakaian yang dikenakan adalah pakaian renang.
  2. Lakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang.
  3. Lakukan kegiatan bersama teman yang sudah bisa berenang.
  4. Lakukan latihan meluncur dan mengambang di kolam dangkal.
  5. Kenakan pelampung agar lebih aman.

Membaca
Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 PB 4Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti.

Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu.

Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

Simak dan bacalah teks berikut!
 
Alat Komunikasi Tulisan
 
Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui telepon seluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Menulis
  1. Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.
    surel
    daun lontar
    pesan singkat (SMS)

    ponsel
    surat
    amplop

    komputer
    internet
    buku
     
  2. Temukan kalimat utama dari tiap paragraf dari teks “Alat Komunikasi Tulisan”. 
  3. Tuliskan ringkasan singkat teks “Alat Komunikasi Tulisan” dengan bahasamu sendiri.
Berdiskusi
Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.
 
Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi.
Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatan bekerja sama.
 
Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
 
Diskusikan bersama orang tuamu di rumah, kemudian tuliskan ke dalam buku tulismu.
  1. Apakah kemampuan setiap orang sama? ______
  2. Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau perbedaan dari setiap orang? ______
[Unduh] Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 PB 4

Post a Comment

0 Comments