Evaluasi Pengisian EDS PMP Offline 2019

Evaluasi Pengisian EDS PMP Offline 2019 merupakan serangkaian catatan yang telah Admin Guru Dikdas lakukan dalam pengisian EDS PMP 2019 sejak dirilisnya aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan ini. (9/09/2019).

Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang dirilis resmi dan hingga saat ini meregenerasi ke sistem offline masih saja ada beberapa kendala yang terjadi, entah harus dibuatkan akun login PD pada Dapodik setelah itu menunggu 1 X 24 Jam sebelum unduh prefill dan terdapat pembagian 12 link generate prefill bantuan di tiap-tiap provinsi hingga akhirnya ada maintenence dan dibuatkannya generate prefill secara nasional dengan cara mengunduh menggunakan NPSN.

Sebagai perbandingan, jika dikerjakan secara online, proses perpindahan menuju soal selanjutnya setelah melakukan Save (simpan) yang terlalu lama hingga akhirnya muncullah Aplikasi EDS Offline.

Munculnya EDS Offline serasa bertanya-tanya kesana dan kemari. Bagaimana? Login tidak bisa? Belum bisa instal aplikasi? dan masih banyak pertanyaan lain. Persoalan-persoalan tersebut muncul dikarenakan bekal yang dimiliki masing-masing Operator Sekolah yang cukup majemuk dan beragam.

Evaluasi Pengisian EDS PMP Offline 2019

Dari hasil evaluasi awal, pengisian EDS PMP Offline terdapat beberapa soal yang tidak ada jawabannya, kuesioner PD yang kemarin hanya muncul A, B, C dan cukup berhenti terlapor 75% sedangkan pada Instrumen ada kuesioner PD A, B, C, dan D. Untuk Kuesioner Komite pada Aplikasi EDS PMP Offline juga terhenti di 75 % padahal secara keseluruhan terisi. Setelah melakukan singkronisasi kuesioner PD malah muncul D dan C hilang. Begitu juga dengan PTK yang mengalami penyusutan soal dan jawaban kuesioner.

Kondisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di Dapodik kurang dari 10. Kondisi ini belum terbaca pada EDS PMP Offline yang harus tetap saja mengisikan 10 Guru atau Tenaga Kependidikan untuk mencapai 100 %.

Masih banyak evaluasi yang tidak Admin Guru Dikdas Lamongan tulis, hanya ini saja yang dapat Admin munculkan pada Artikel kali ini. Apapun hasilnya jika responden sudah melakukan pengisian maka lakukan sinkronisasi.

Sink Awal Memperbaiki Aplikasi

Sempat Admin Guru Dikdas Lamongan melakukan pengisian EDS PMP Offline pada salah satu lembaga, yaitu mengisikan 1 kuesioner PD saja kemudian melakukan sinkronisasi, walhasil hasil sink beberapa kali hingga habis akhirnya memberbaiki kuesioner-kuesioner yang lain, namun masih terdapat kelemahan, yaitu tidak lengkapnya kuesioner PD yang seharusnya A, B, C, dan D hingga menuju 100 %.

Pada uji coba di lain Aplikasi EDS PMP Offline milik salah satu lembaga SMP, Admin guru Dikdas Lamongan mencoba sink awal tanpa mengisikan PD atau kuesioner yang lain, hanya cukup menginstalasi seperti biasa kemudian melakukan sinkronisasi, ternyata: terdapat perubahan data yang masuk ke lokal berupa Instrumen dengan jumlah 2.116.

Evaluasi Pengisian EDS PMP 2019
Sinkronisasi Awal Memperbaiki Aplikasi Kuesioner EDS PMP Offline

Kondisi sink awal pada Aplikasi EDS PMP milik lembaga SMP Admin Guru Dikdas Lamongan coba lakukan sinkronisasi yang kedua untuk mengetahui apakah bisa bersih pada laporan, dan akhirnya hasil sink tersebut memperbaiki kondisi kuesioner Kepala Sekolah, PTK, dan Komite namun belum bisa memperbaiki kondisi kuesioner Peserta Didik.

Penginstalan dan Pengisian Aplikasi EDS PMP Offline 2019

Untuk proses awal penginstalan Aplikasi bagi lembaga yang belum pernah melakukan sinkronisasi EDS PMP, langkah awal yaitu proses pengunduhan prefill. Pengunduhan prefill ini dikhususkan untuk sekolah yang sinkronisasi terakhir tanggal 15 November 2019 atau sekolah yang belum pernah melakukan penginputan EDS Offline. Caranya dengan menggunakan NPSN. Jika sudah terunduh, maka file unduhan prefill disimpan pada folder c:/prefill_dapodik, kemudian lakukan proses instalasi dan lakukan registrasi EDS Offline.

Untuk proses Registrasi EDS Offline hasil generate prefill nasional menggunakan user: u_prefill_pmp dan password: p4ssw0rd_pmp dan Kode Registrasi Sekolah. Setelah berhasil teregristasi, maka lakukan login seperti biasa menggunakan user dan pass pada Dapodik.

Sebagai langkah awal setelah teregristasi dan terbuka aplikasi, lakukan saja sinkronisasi awal seperti yang sudah Admin Guru Dikdas Lamongan sampaikan sebelumnya.

Untuk pengisian EDS lakukan seperti tahun sebelumnya, yaitu serahkan kepada masing-masing responden untuk mengisikannya. Hasil isian akan memakan waktu yang cukup lama pada EDS PMP tahun ini, entah mengapa, jika mencapai puluhan ribu jawaban terdapat beberapa tahapan jawaban yang masuk ke server yakni per 500 jawaban, lakukan terus menerus meski ada laporan Koneksi Lambat. Jika mencapai kurang dari 500 maka proses sinkronisasi akan ada laporan seperti layaknya pengiriman sinkronisasi Dapodik dari Memulai sinkronisasi dan Mengakhiri sinkronisasi. Lakukan beberapa kali hingga habis.

Hasil Sinkronisasi PMP EDS Offline

Hasil sinkronisasi PMP EDS Offline 2019 ini dapat dilihat pada Aplikasi EDS Online dengan cara masuk pada Beranda PMP kemudian login menggunakan User dan Pass Dapodik.

Evaluasi Pengisian EDS PMP 2019
Hasil Sinkronisasi PMP EDS Offline 2019

Apakah perjalanan pengisian dan pengiriman cukup sampai disini? Tentu tidak, masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui, yaitu menghitung Rapor Mutu, Verifikasi Rapor Mutu oleh Pengawas, Pakta Integritas oleh Pengawas dan Pakta Integritas Kepala Sekolah. 

Jika tahapan ini sudah dilalui, masih ada tahapan selanjutnya berupa Hasil Verval dan Supervisi oleh Pengawas di tiap-tiap lembaga. Terdapat catatan dari pengawas yang akan memeriksa hasil isian EDS.

Selamat bekerja.

Post a Comment

0 Comments